Senjata Tajam Hingga Premanisme Jadi Sasaran Operasi Polisi

Senjata Tajam Hingga Premanisme Jadi Sasaran Operasi Polisi
Patroli Polres Mimika

 

JAYAPURA | Kepolisian resor (Polres) Keerom menggelar razia premanisme dan patroli jelang Tahun Baru 1 Januari 2018 yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Ipda Hotma PA Manurung.

“Jadi, jelang pergantian tahun baru, kami di Polres Keerom gelar patroli, mulai dari patroli dan razia premanisme hingga terkait peredaran minuman keras ilegal, narkoba dan senjata tajam,” kata Ipda Hotma ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Minggu (31/12).

 

Mengenai operasi premanisme kata Hotma, hal itu sudah dilakukan sejak Jumat (29/12) pekan kemarin yang dimulai pada pukul 23.00 WIT dengan mengelilingi sejumlah lokasi yang dianggap rawan terjadi tindak premanisme atau kekerasan.

 

“Razia dan partoli itu kami lakukan di Jalan Trans Irian dan Arso 7. Pada saat melintas di Jalan Trans Irian antara Arso 6 dan Arso 1 di temukan adanya tiga org mabuk yang sedang berdiri di tengah jalan dan memarkirkan mobilnya juga ditengah jalan,” katanya.

 

Baca juga: Rentetan Penembakan di Freeport: Dua Tewas, Belasan Terluka, Pelaku Nihil

 

Setelah dilakukan pemeriksaan di dalam mobil, ditemukan adanya minuman beralkohol jenis bir bintang sebanyak satu karton yang sudah dikonsumsi dan masih ada satu karton yang belum dikonsumsi.

 

“Pada saat itu juga saya bersama anggota memberikan pemahaman dan imbauan ditempat terhadap ke tiga itu, dan kemudian diarahkan untuk pulang ke rumah, sementara barang bukti berupa bir disita dan dibawa ke Mapolres Keerom,” katanya.

 

Selain menggelar razia dan patroli di Jalan Trans Irian, kata Hotma, jajarannya juga menuju ke Pos Adat di Arso 7 dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga yang menjaga pos adat dengan harapan tempat tersebut tidak digunakan untuk lokasi pesta minuman keras.

 

Setelah itu patroli dilanjutkan ke Arso 1, Arso 6, Arso 2, Arso kota. Di Arso Kota tepatnya di depan kantor Bank Papua cabang Keerom di temukan adanya sekelompok warga yang mabuk, yang diduga sedang mengkonsumsi minuman beralkohol lokal jenis stim.

 

“Oknum warga tersebut kami arahkan untuk pulang ke rumah masing-masing, karena dikhwatirkan bisa membuat keonaran atau tindakan kriminal lainnya,” katanya.

 

Hotma menambahkan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat perayaan pergantian tahun baru, Polres Keerom juga akan menggelar razia dan patroli di beberapa titik yang dinilai rawan terjadi tindak kriminal.

 

“Kami juga akan patroli di beberapa pusat keramaian dan gedung ibadah jelang pergantian tahun baru,” katanya. (Ant/SP)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *