All for Joomla All for Webmasters
Selasa, 09 Januari 2018 11:07

Astaga! Oknum Warga Catut Nama Kajari Peras Pejabat Pemkab Mimika

TIMIKA | Nama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Timika Alex Sumarna dan Kepala Seksi Intelijen Yasozisokhi Zebua kerap kali dicatut oknum warga untuk memeras uang para pejabat di lingkungan Pemkab Mimika.

Yasozisokhi Zebua mengungkapkan, pada pertengahan Desember 2017 lalu hingga Januari 2018 pihaknya sudah banyak menerima laporan oleh para pejabat yang umumnya Kepala Dinas (SKPD) terkait upaya pemerasan tersebut.


"Terakhir kemarin dari Kepala Distrik datang mengkonfirmasi adanya permintaan yang mengatas namankan Kajari maupun Kasi Intel untuk memintai mereka sejumlah uang," ungkap Zebua saat menghubungi wartawan di Timika, Selasa (9/1).

Baca Juga: Kapolda Papua : KKSB Tembak Kendaraan di Mile 29

Menurut salah satu laporan, kata Zebua, oknum warga yang mengatasnamakan pejabat Kejari menghubungi Kepala Distrik untuk memungut biaya kepada para Kepala Kampung yang bersumber dari Dana Desa sebagai jatah Kejari Timika.

"Modus penipuan ini menggunakan nama pejabat Kejari karena kejaksaan menjadi salah satu pengawas implementasi dana desa. Kami belum lapor polisi tapi sementara telusuri sendiri dulu, siapa sebenarnya orang tak bertanggung jawab ini," katanya.

Atas kasus penipuan bermodus seperti ini, Zebua mengimbau para pejabat lebih waspada dan tidak melayani permintaan dari oknum-oknum tersebut. Sebab pada prinsipnya, pejabat Kejari Timika tidak pernah dan tidak mungkin melakukan hal demikian.

Ia juga telah koordinasikan dengan pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Mimika untuk meneruskan imbauan ini  kepada para Kepala Distrik dan Kepala Kampung agar tak meladeni permintaan apapun yang mengatasnamakan pejabat Kejari Timika.

"Kami juga minta masyarakat lebih hati-hati menerima telepon dan permintaan dari orang yang tak dikenal," imbuhnya. (rum/SP)