All for Joomla All for Webmasters

 

Rabu, 10 Januari 2018 08:59

Kapolres Mimika Dimutasi, Siapa Penggantinya?

AKBP Victor Dean Mackbon AKBP Victor Dean Mackbon

TIMIKA | Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian merotasi sejumlah jabatan Kapolres di lingkungan Polda Papua, termasuk Kapolres Mimika yang kini dijabat AKBP Victor Dean Mackbon.

Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar mengatakan, ada sekitar lima jabatan Kapolres di lingkungan Polda Papua akan dirotasi dalam waktu dekat ini. Ia membenarkan salah satu pejabat yang dipastikan akan dimutasi adalah AKBP Victor Dean Mackbon.


"Ya (betul ada rotasi jabatan). Yang pasti beberapa Kapolres ada perubahan, termasuk Kapolres Mimika. Ada lima Kapolres kalau tidak salah, nanti kita lihat dalam waktu dekat," kata Kapolda kepada wartawan di Timika, Rabu (10/1/18).

 

Baca Juga: Kapolda Papua : KKSB Tembak Kendaraan di Mile 29

 

AKBP Victor Dean Mackbon tercatat telah satu tahun lebih menjabat Kapolres Mimika yang kala itu menggantikan AKBP Yustanto Mujiharso. Victor menjabat Kapolres Mimika sejak awal November 2016 silam.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, AKBP Victor Mackbon mendapat promosi jabatan sebagai Kapolres Jayapura, Sentani. Sedangkan Kapolres Mimika selanjutnya akan dijabat oleh AKBP Indra Hermawan yang kini menjabat Kapolres Tolikara.


Sejumlah jabatan Kapolres tersebut dirotasi bertepatan menjelang Pilkada 2018. Karena itu, beberapa jabatan termasuk Kapolres Mimika akan dihadapkan dengan pengamanan ekstra mengingat Mimika salah satu daerah rawan konflik Pilkada.

 

Baca Juga: Kemenkopolhukam: Pilkada Mimika Rawan Konflik


Untuk diketahui, AKBP Victor Dean Mackbon selama menjabat Kapolres Mimika dihadapkan dengan tingginya eskalsi situasi keamanan. Seperti kasus penembakan beruntun di area PT Freeport Indonesia dan peristiwa “penyanderaan” warga sipil di Tembagapura.

Polres Mimika mencatat setidaknya 26 kasus penembakan terjadi sepanjang 2017. Namun tidak ada satupun pelaku yang berhasil ditangkap meski Polda Papua telah menerbitkan terduga pelaku dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).


Tidak itu saja,sepanjang 2017 beberapa kali terjadi ketegangan yang memicu aksi baku serang antarwarga di Distrik Kwamki Narama. Sampai saat ini, permasalahan yang mengarah pada konflik bersaudara dalam konteks perang suku belum juga tuntas diselesaikan.


AKBP Victor Mackbon juga memimpin personelnya menangani aksi mogok ribuan pekerja PT Freeport Indonesia. Pemogokan tersebut lalu memicu terjadinya aksi perusakan dan pembakaran di Check Point 28, Terminal Bus Gorong-Gorong dan Kantor PT Petrosea pada Agustus 2017. (rum/SP)