All for Joomla All for Webmasters
Rabu, 04 April 2018 15:29

Aparat Keamanan Geledah Asrama Uncen di Waena 

 Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas

JAYAPURA | Aparat TNI dan Polri yang dipimpin Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas menggeledah asrama Universitas Cenderawasih yang beralamat di Waena, Kota Jayapura, Rabu (4/4).

 

Dari penggeledahan yang menggerahkan 400 personel itu berhasil mengamankan 35 unit motor, 159 unit laptop dan empat butir peluru serta 45 orang yang diduga anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

 

Dalam penggeledahan itu juga diamankan bendera Bintang Kejora dan seragam KNPB.

 

 Urbinas yang didampingi Dandim Jayapura Letkol Inf Nova kepada wartawan mengatakan, dari 45 orang yang diamankan, dua di antaranya, ditahan  di Polsek Abepura.

 

Sedangkan 43 orang lainnya termasuk Sekjen KNPB Ones Nesta Suhuniap serta lima orang dari luar Jayapura.

 

 "Saat diamankan, mereka berada di salah satu ruangan yang menjadi sekretariat KNPB," kata Urbinas.

 

Selain mengamankan warga dan barang bukti, pihaknya juga meminta agar panggung yang didirikan segera dirobohkan. Panggung itu dari laporan yang diterima akan dijadikan lokasi persiapan kemerdekaan Papua Barat yang dilaksanakan Kamis (5/4).

 

  "Saat berada di kawasan itu selaku Kapolres Jayapura Kota meminta tidak ada kegiatan deklarasi kemerdekaan Papua Barat," kata Urbinas.

 

 Aparat keamanan akan menindak tegas bila tetap menggelar aksi deklarasi.

 Sementara itu, pemeriksaan masih dilakukan secara intensif oleh penyidik. Ketika ditanya tentang puluhan motor yang diamankan, Kapolres Jayapura Kota mengaku, motor-motor itu diamankan karena diduga merupakan hasil tindak kejahatan.

 

 Namun bila mereka bisa menunjukkan surat surat maka motor tersebut dapat diambil kembali.

 

 Kawasan asrama Uncen yang dikenal sebutan rusunawa berada di sekitar 1,5 kilometer (km) dari kampus Uncen Waena yang terdiri atas enam unit.(Antara/SP)