Ini Alasan Polsek Poumako Bentuk Polmas “Papan” 

Ini Alasan Polsek Poumako Bentuk Polmas "Papan" 
Foto bersama Polmas Papan, Direktur Binmas Polda Papua, Kapolsek Poumako, Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda usai acara tatap muka di Polsek Poumako.

TIMIKA | Ada banyak cara dilakukan Polri dalam menciptakan situasi ketertiban masyarakat yang aman dan damai. Seperti yang dilakukan Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Poumako, Mimika, Papua. 

 

Polsek yang dipimpin Ipda Khairul Umam S. Tr. K ini, patut menjadi contoh bagi Polsek-polsek lainnya di Indonesia. Bagaimana tidak, Polsek yang berada di Poumako, Distrik Mimika Timur membentuk satu tim pemuda yang diberinama Perpolisian Masyarakat Pemuda Peduli Keamanan atau Polmas Papan. 

 

Polmas Papan yang beranggotakan 21 pemuda ini siap membantu tugas Kepolisian khususnya di wilayah hukum Polsek Poumako. Mereka akan dilantik, pada Selasa (8/5/2018).

 

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Poumako, Ipda Khairul Umam mengemukakan alasannya dibentuk Polmas Papan. 

 

Dijelaskan, Polmas Papan dibentuk atas dasar kejenuhan masyarakat terhadap banyaknya kejadian-kejadian, seperti kekerasan hingga berujung pada kericuhan. Hal ini semua terjadi disebabkan kurangnya kepedulian dan perhatian terhadap lingkungan. 

 

Atas dasar itu, sehingga menurut Kapolsek Khairul, ia mengajak para tokoh masyarakat, agama, pemuda untuk membuka wawasan bersama-sama bagaimana cara untuk menjaga lingkungan sekitar. 

 

“Sehingga saya selaku Kapolsek mengajak para tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda untuk membuka wawasan supaya bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan sekitar. Untuk itu, saya bentuk Polmas Papan,” kata Kapolsek Khairul saat acara tatap muka bersama Direktur Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Papua Kombes Pol. Andi Heru Santo, SST., SH., MH dengan Polmas Papan, tokoh masyarakat, agama dan pemuda di Polsek Poumako, Sabtu (5/5/2018).

 

Lebih lanjut dijelaskan Kapolsek Khairul, tugas dari Polmas Papan nantinya ikut berpatroli di kawasan pelabuhan maupun dilingkungan masyarakat. 

 

Dalam berpatroli khususnya di kawasan pelabuhan, apabila Polmas Papan ini menemukan barang-barang yang dianggap illegal maupun minuman keras tradisional yang disuplai dari luar Mimika untuk segera melaporkan kepada pihak Kepolisian. 

 

“Tim Papan kegiatan sehari-harinya membantu tugas pihak Kepolisian seperti, ikut berpatroli di area Pelabuhan dan apabila menemukan adanya barang-barang illegal maupun minuman lokal harap memberikan informasi kepada pihak Kepolisian,” katanya. 

 

Selain bertugas sebagai peduli keamanan, menurut Kapolsek Khairul, Polmas Papan ini juga nantinya bertugas memberikan pendidikan di taman baca yang dimiliki Polsek Poumako kepada anak-anak yang sudah putus sekolah maupun warga yang ingin menabah wawasan. 

 

“Tim Papan juga berperan aktif terhadap kepedulian pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang tidak sekolah maupun putus sekolah akibat faktor ekonomi,” ujarnya. 

 

Untuk itu, dengan adanya Polmas Papan ini, Kapolsek Khairul berharap dapat menjadi tauladan bagi warga sekitar terhadap keamanan lingkungan sekitar. 

 

Tak hanya itu, dengan berperan aktifnya Polmas Papan dalam dunia pendidikan, dapat menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak maupun warga sekitar. Serta membentuk sanggar-sanggar tarian budaya tradisional. 

 

“Kami juga harapkan Polmas Papan ini juga dapat melakukan budidaya seperti karaka, udang maupun ikan sehingga dapat membukan lapangan kerja,” harapnya. 

 

Sementara, Direktur Binmas Polda Papua Kombes Pol. Andi Heru Santo memberikan apresiasinya kepada Polsek Poumako yang membentuk Polmas Papan. Meski saat ini Posko dari Polmas Papan masih menggunakan kontainer kosong.

 

Menurut Kombes Andi, apabila Polmas Papan ini kedepannya memiliki legaliatas, maka tentunya Pemerintah Kabupaten Mimika akan memberikan dukungan. 

 

Pasalnya, kedepannya pemuda yang tergabung dalam Polmas Papan ini bukan tidak mungkin akan mendapatkan pekerjaan lainnya, seperti menjadi security di instasi-instasi maupun perusahaan yang membutuhkan jasa pengamanan. 

 

“Terbentuknya Polmas Papan akan diseleksi juga apabila ada yang ingin menjadi Satpam (security-red), dan ini akan ada pendidikannya dan siap ditempatkan di perusahaan,” katanya.

 

Kehadiran Polmas Papan ini juga menurut Kombes Andi, tidak terlepas dari peran Ketua RT setempat. Dimana, Ketua RT harus dapat menyeleksi pemudanya untuk tergabung dalam Polmas Papan. 

 

“Ketua RT juga harus ikut andil dalam pembentukan Polmas Papan dan menyeleksi agar dapat menjalankan tugas dan membantu pihak Kepolisian untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Pomako ini. Dan  sebagai Polmas Papan tidak mengkomsumsi miras, justru mendukung pihak Kepolisian memberantas minuman lokal yang beredar disekitar kawasan pelabuhan Pomako,” jelasnya. 

 

Untuk itu, kepada pemuda yang tergabung dalam Polmas Papan, Kombes Andi berpesan agar dapat disiplin dan tepat waktu dalam menjalankan tugas supaya terbiasa kedepannya bila sudah bekerja di instansi-instasi maupun perusahaan. 

 

Selain itu, harus iklhas dan berkecil hati setiap menjalankan tugas. Serta harus jujur dan berani menyampaikan segala informasi secara benar dan bertanggungjawab dalam menjalani tugas. 

 

“Jika ada informasi yang didapat harus terlebih dahulu dicerna baru disampaikan kepada anggota Polsek yang punya kewenangan untuk selanjutnya diambil langkah-langkah positif,” pesannya.

 

Dibentuknya Polmas Papan ini juga mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Poumako, Adam Cir. 

 

Menurut dia, adanya Polmas Papan ini sudah menunjukkan perubahan-perubahan perilaku dilingkungan masyarakat. 

 

Dicontohkan, bila sebelumnya warga yang biasanya melakukan kericuhan menjadi berkurang, serta tidak adanya lagi kumpul-kumpul warga yang mengkonsumsi miras di pinggir jalan atau di rumah-rumah.

 

“Adanya Polmas Papan diharapkan kedepannya dapat berjalan dengan baik, dan bisa membantu tugas pak polisi dalam melakukan tugas sehari-hari, serta bisa membantu menjaga lingkungan sekitar dengan aman,” harap Adam. (Ipa/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *