All for Joomla All for Webmasters
Rabu, 13 Desember 2017 11:24

Luar Biasa! Kodim Mimika Kumpul Puluhan Kantong Darah 

TIMIKA | Kodim 1710/Mimika, Papua menyambut Hari Juang Kartika yang jatuh pada tanggal 15 Desember dengan kegiatan donor darah. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Koramil 1710-02 Kota Timika, di Jalan Yos Sudarso, Rabu (13/12).

Melalui kegiatan bakti sosial donor darah yang didukung oleh Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Kabupaten Mimika tersebut, puluhan kantong darah berhasil dikumpulkan dari para prajurit TNI. 

 

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1710 Mimika, Mayor (Inf) Antoni Triwibowo mengatakan, bakti sosial seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati Hari Juang Kartika. 

 

Menurut Antoni, dalam kegiatan ini sebanyak 46 kantong darah berhasil terkumpul yakni 10 golongan darah A, 14 golongan darah B, 19 golongan darah O dan 3 golongan darah AB. 

 

Pada momentum ini, jajaran Kodim 1710 Mimika juga rencananya akan melakukan beberapa kegiatan lain termasuk karya bakti berupa bedah rumah. Sebelumnya beberapa kegiatan sudah terlaksana dalam memperingati hari yang dirintis oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman tersebut. 

 

"Jadi puncak peringatannya nanti pada 15 Desember. Kami akan laksanakan upacara di Batalyon (Mako Yonif 754 ENK-Red)," katanya. 

 

Staf UTD RSUD Kabupaten Mimika, Lisa mengatakan, berapapun jumlah kantong yang terkumpul akan sangat membantu pasien yang membutuhkan transfusi darah.

 

"Dengan jumlah yang terkumpul ini, kita berharap stok yang ada bisa memenuhi kebutuhan pasien hingga akhir tahun," kata Lisa.

 

Adapun tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat untuk mengenang pertempuran oleh Tentara Keamanan Rakyat (TKR), yang dipimpin Panglima Besar Jenderal Sudirman di Ambarawa kala itu. 

 

Dalam pertempuran sejak 12 hingga 15 Desember 1945 tersebut, TKR berhasil mengepung dan memukul mundur pasukan sekutu ke Semarang. 

 

Tanggal 15 Desember kemudian diperingati sebagai Hari Infanteri. Lalu berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 163 tahun1999, Hari Infanteri kemudian berganti nama sebagai Hari Juang Kartika. (rum/SP)