All for Joomla All for Webmasters

 

Jumat, 15 Desember 2017 09:09

Cari Bibit Pemain Bola Handal, KPI Gelar Liga U-18

TIMIKA I Kuala Pelabuhan Indonesia (KPI) resmi menggelar Liga KPI U-18. Sebanyak sembilan tim sepakbola mengikuti Liga ini. Pertandingan sepakbola ini akan berlangsung mulai 14-22 Desember,  di Lapangan Sepakbola Yonif 754/ENK, Distrik Kuala Kencana Mimika, Papua. 

 

Liga yang diadakan KPI ini untuk mencari bibit-bibit pemain sepakbola yang handal untuk dibina selanjutnya. Hal ini ungkapkan Rony Faruwu Manager HRD  mewakili Presiden Direkrut  PT Kuala Pelabuhan Indonesia dalam sambutannya saat membuka Kompetisi Liga KPI U-18. 

 

“Perusahaan Kuala Pelabuhan Indonesia yang menjalankan kegiatannya di Mimika bukan hanya berperan dalam dunia industri, tapi KPI juga hadir berkaitan dengan pencarian bakat yang dimiliki adik-adik di Mimika dan lebih umum di Papua. Karena itu, LIGa KPI U-18 ini , dijadikan momen sebagai kesempatan mencari bakat pemain di Mimika untuk kemudian dibina dan dididik di dalam klub sepakbola profesional,”ungkap Rony. 

 

Diakui,  sepakbola adalah salah satu olahraga yang paling digemari  di manasaja termasuk di Timika. Animo masyarakat terhadap sepakbola begitu tinggi terutama anak muda sehingga KPI menggelar liga remaja ini di Timika.

 

“Sepakbola itu mampu mengangkat harkat dan martabat baik secara perorangan, maupun daerah sebagai kepedulian terhadap sepakbola itu akan muncul bibit sepakbola.Karena kepedulian tersebut KPI menggelar liga KPI yang akan berlangsung hingga 22 Desember mendatang,” katanya.

 

Sebenarnya bukan saja sembilan kesebelasan yang ingin mengikuti turnamen  Liga KPI. Namun kata Rony, syarat kualifikasi bagi peserta yang akhirnya panitia hanya bisa menjaring sembilan tim yang dianggap memenuhi syarat.

 

“Tujuan syarat dan regulasi yang disyaratkan panitia merupakan bagian dari proses pembelajaran bagaimana membangun sepakbola industri yang professional sehingga syarat itu harus diberlakukan. Dimana liga KPI membatasi usia yaitu kelahiran tahun 2000 sampai 2002.Saya ucapkan selamat bertanding dan junjung sportifitas dilapangan. Kita bukan berlomba jadi juara tapi bagaimana bisa menghasilkan pemain yang baik,”pintanya.

 

Ketua Panitia yang juga sebagai Konsultan Olahraga Yayasan Kuala Pelabuhan Indonesia, Fahri dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf bila ada kekurangan dari panitia selama penyelenggara dan menyampaikan selamat bertanding kepada seluruh pemain.

 

“Kami mohon maaf kalau ada kekurangan karena waktu juga mepet. Bagi seluruh pemain selamat bertanding dan tetap junjung semangat fairplay dan sportifitas. Bertanding bukan hanya untuk menang tapi bagaimana pemain-pemain bisa menunjukkan kemampuannya karena kegiatan ini untuk mencari pemain-pemain usia muda dari Timika,” harapnya. 

 

Sementara itu, mewakili Ketua Harian PSSI Kabupaten Mimika, Rinaldy Parsulessi selaku Ketua Pembinaan usia Dini Asosiasi PSSI Kabupaten Mimika dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PT KPI yang bisa menggelar Liga sepakbola usia 18 Tahun di Kabupaten Mimika.

 

“Ini merupakan kompetisi resmi pertama yang di gelar di Mimika kategori U-18. Atas nama PSSI Mimika kami menyampaikan terima kasih kepada PT KPI Mimika dengan menggelar turnamen ini.Momen ini akan dimanfaatkan bagi klub maupun pemain untuk menunjukkan kemampuan dalam bermain bola. Liga ini sekaligus menjadi ajang uji coba dan untuk menambah jam terbang pemain,”ungkapnya.

 

Usai pembukaan Liga KPI U-18 tahun 2017, dilanjutkan dengan pertandingan perdana yang mempertemukan kesebelasan Sostar menghadapi LMAPK yang berakhir dengan skor 11-0. Liga KPI akan berlangsung hingga 22 Desember yang diikuti oleh sembilan keseblasan dengan menggunakan sistem setengah kompetisi. 

 

Tim yang mengikuti Liga ini diantaranya, LPMAK FC, SSB Timika Putra, Meepago FC, Sostar FC, Konica FC, SSB Timika Jaya Putra, Hermon FC, SSB Mimika United, dan Wania Imipi FC. (*/SP)