All for Joomla All for Webmasters
Kamis, 11 Januari 2018 00:56

KPU Mimika Tutup Pendaftaran Pilkada, Tujuh Paslon Lolos Administrasi 

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Papua telah membuka pendaftaran calon Bupati-Wakil Bupati Mimika selama tiga hari sejak Senin (8/1) dan resmi ditutup pada Rabu (10/1) pukul 00.00 WIT malam. 

 

Ketua KPU Mimika Theodora Ocepina Magal mengatakan, sepanjang proses pendaftaran tersebut tujuh pasangan bakal calon memenuhi syarat secara administrasi dan lolos pada tahap verifikasi selanjutnya. 

 

Tujuh pasangan calon tersebut terdiri atas enam pasangan jalur perseorangan, yakni Hans Magal-Abdul Muis (HAM), Mus Pigai-Allo Raffra (MUSA), Robertus Waropea-Albert Bolang (RnB), Petrus Yanwarin-Alpius Edowai (Petraled).

 

Selanjutnya, Philipus Wakerkwa-H Basri (PhilBas), Maria Florida Kotorok-Yustus Wai (MarYus), dan hanya satu paslon dari jalur partai politik yakni petahana Eltinus Omaleng-Johanes Rettob (OM-TOB).

 

Ocepina mengatakan, sebenarnya ada empat paslon lainnya yang mendaftar dari jalur partai politik namun dokumen yang diserahkan tidak memenuhi syarat, serta mendaftar tanpa dihadiri salah satu  calonnya.

 

"Empat pasangan mengaku dari jalur partai politik tetapi belum melampirkan Surat Keputusan (SK) dukungan, itupun ada yang mendaftar tidak dihadiri salah satu, baik bakal calon bupati maupun wakil bupati," kata Ocepina. 

 

Adapun hampir seluruh partai politik di Mimika telah diborong pasangan OM-TOB yang hanya menyisahkan partai Gerindra. Partai Gerindra pun hanya memiliki enam kursi legislatif, sedangkan KPU menetapkan syarat minimal tujuh kursi atau 10 persen dari total 35 kursi legislatif. 

 

"Jadi ada yang mendaftar dari partai Gerindra, itu belum memenuhi syarat karena hanya memiliki enam kursi di legislatif," jelas Ocepina. 

 

Sementara itu, enam Paslon jalur  perseorangan yang lolos pendaftaran masih harus melengkapi syarat dukungan e-KTP sampai selambat-lambatnya tanggal 18-20 Januari 2018. 

 

"Nanti akan ada verifikasi administrasi, kegandaan, dan lainnya. Kemudian tanggal 30 Januari - 5 Februari ada lagi verifikasi faktual oleh PPS dan tanggal 6-7 Februari dilakukan rekapitulasi di tingkat PPD dan 8-9 Februari di tingkat kabupaten," pungkasnya. 

 

Sebelumnya, dalam pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon perseorangan tingkat Kabupaten Mimika, pasangan Hans Magal-Abdul Muis (HAM) memperoleh dukungan 18.761, Robertus Waropea-Albert Bolang (RnB) memperoleh 14.552. 

 

Kemudian pasangan Maria Kotorok-Yustus Way (Mariyus) memperoleh 13.121, pasangan Pit Yanwarin-Alpius Edoway (Petraled) memperoleh 14.139, pasangan Philipus Wakerwa-H Basri (Philbas) memperoleh 3.639, dan pasangan Mus Pigai-Allo Rafra (MUSA) memperoleh 13.214.

 

Perolehan dukungan tersebut masih jauh dari jumlah yang ditentukan oleh KPU yakni sebesar 22.273. Dimana jumlah tersebut 10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Mimika mengacu pada Pileg 2014 sebesar 222.721. 

 

Menurut Ocepina, jumlah dukungan KTP yang dinyatakan tidak memenuhi syarat harus diganti duakali lipat. Misalnya dokumen dukungan tidak memenuhi syarat sebanyak 10 ribu, maka calon bersangkutan wajib mengganti dukungan tersebut sebanyak 20 ribu KTP.  

 

“Jadi masih ada tahapan selanjutnya. Masing-masing pasangan calon masih harus melengkapi dukungan KTP minimal mencapai 22.271. Pasangan calon harus siap dengan ketentuan ini,” imbuhnya. (rum/SP)