All for Joomla All for Webmasters

 

Selasa, 13 Maret 2018 12:46

KPU Mimika Tentukan Enam Zona Kampanye Paslon

Suasana rapat koordinasi pembahasan jadwal kampanye Pilkada 2018 yang digelar oleh KPUD Mimika Suasana rapat koordinasi pembahasan jadwal kampanye Pilkada 2018 yang digelar oleh KPUD Mimika

TIMIKA | Untuk mengawali pelaksanaan tahapan kampanye, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika menggelar rapat koordinasi bersama dengan tim pemenangan empat pasangan calon (paslon) yang maju pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018.

 

Rakor pembahasan jadwal kampanye digelar di Kantor KPUD Mimika, Selasa (13/3) dipimpin Ketua KPUD Mimika, Theodora Ocepina Magal didampingi Divisi Sosialisasi Yoel Louis Rumaikewi serta dihadiri tim pemenangan empat paslon, Polres Mimika, Badan Kesbangpol Mimika, dan Panwaslu.

 

Rakor membahaa metode pelaksanaan kampanye, mulai dari pertemuan terbatas, tatap muka, debat publik, rapat umum dan perlombaan atau pentas seni. Serta pembagian zona pada kampanye. Ada enam zona, yakni zona pertama Distrik Mimika Baru, zona kedua Distrik Kuala Kencana, Iwaka, dan Kwamki Narama. Zona ketiga Distrik Wania dan Mimika Timur, zona keempat Distrik Tembagapura, zona kelima di Distrik Mimika Barat, dan zona keenam di Distrik Agimuga.

 

Ketua KPUD Mimika, Theodora Ocepina Magal mengatakan, pelaksanaan kampanye Pilkada di Mimika sudah sangat terlambat. Jadwal tahapan kampanye secara nasional pada 15 Februari 2018, namun di Mimika pihaknya  baru akan memulai tahapan tersebut. 

 

“Kami minta maaf atas keterlambatan ini, dan baru akan memulai pelaksanaan kampanye di Pilkada 2018 ini,” katanya.

 

Sementara Yoel Louis Rumaikewi mengatakan, dalam Rakor ini pihaknya mengundang semua tim pemenangan, pemerintah daerah, dan kepolisian bertujuan, agar jadwal kampanye yang sudah disusun oleh KPU Mimika bisa disepakati bersama. Dan pada Sabtu (17/3) nanti akan dibuatkan berita acara dan SK.

 

“Hasil dari Rakor, ada beberapa kesepakatan yang dijadikan pelengkap dalam penyusunan jadwal. Sehingga akan dibuatkan berita acara dan SK. Dan jadwal tersebut akan didistribusikan ke paslon dan pemerintah daerah. Diharapkan Senin sudah bisa dilaksanakan oleh deklarasi kampanye damai,” terangnya.

 

Sementara menyangkut deklarasi kampanye damai, kata Louis, sudah dilaksanakan di Jayapura p0diikuti oleh tujuh kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada.  

 

“Pelaksanaan deklarasi kampanye damai kemungkinan akan dilaksanakan pada Senin (19/3) nanti. Setelah deklarasi, maka akan dilanjutkan dengan kampanye oleh paslon,” jelasnya.

 

Sementara permintaan dari kepolisian terhadap satu hari satu paslon yang kampanye, kata dia, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kapolres Mimika terhadap usulan tersebut. Ini dilakukan, karena kita tidak bisa mengabaikan hak dari paslon yang kita ketahui jadwal kampanye di Mimika sangat terlambat.

 

“Jadwal yang sudah dibuat, kemungkinan tidak akan berubah. Tapi kami akan koordinasi dengan pihak kepolisian. Hasilnya akan disampaikan kepada masing-masing paslon,” ungkapnya.(mjo/SP)