All for Joomla All for Webmasters

 

Selasa, 13 Maret 2018 07:58

Disperindag Mimika Bangun Kantor Pengawasan Barang

Ilustrasi Ilustrasi

TIMIKA | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Papua, segera membangun Kantor Pengawasan Barang Masuk dan Keluar di kawasan Pomako distrik Mimika Timur.

 

"Kantor dengan fungsi utama penertiban itu tepatnya dibangun di perempatan Jalan Poros Pomako-Pelabuhan Nusantara Lokpon-Pelabuhan Rakyat. Jadi nanti kontainer dari manapun, masuk situ dulu kita periksa. Barang keluar juga begitu, kita periksa, surat-suratnya mana," kata Kepala Disperindag Mimika Bernadinus Songbes di Timika, Selasa (13/3).

 

Kantor yang direncanakan tersebut akan dibangun di atas lahan 50 kali 200 meter yang telah dilengkapi surat pelepasan dan rekomendasi Lemasko.

 

Biaya pembangunannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sedangkan bangunannya dirancang memiliki tempat parkir cukup luas untuk keperluan pemeriksaan angkutan kendaraan.

 

Menurut Songbes, pengawasan dan pendataan keluar masuk barang di Kota Timika saat ini masih amburadul. Ia berharap berdirinya Kantor pengawasan Barang Masuk dan Keluar Disperindag bisa menjadi solusi.

 

Selain mendata dan mengawasi, banyak manfaatnya dibangun kantor tersebut misalnya mengetahui jumlah komoditas tertentu yang masuk ke Kota Timika atau keluar Kota Timika dalam satu bulan.

 

"Misalnya 'manifest' tidak sesuai dengan jumlah barang, ya kita tahan, bayar pajak dulu. Atau barang yang dilarang, misalnya bawa sembako tapi miras simpan di tengah. Termasuk narkoba. Kita tidak ingin kecolongan," kata Bernadinus.

 

Terkait petugas, pos jaga akan diisi lintas instansi, yakni dari Disperindag, Dinas Perizinan, personel TNI Polri hingga Satpol PP. Untuk memastikan petugasnya bersiaga 24 jam, kantor itu pun dilengkapi kopel petugas.(Ant/SP)