All for Joomla All for Webmasters

 

Rabu, 07 Maret 2018 07:23

Pemkab Mimika Batalkan Dua Program Beasiswa

TIMIKA |  Pemerintah Kabupaten Mimika membatalkan dua program beasiswa bagi putra dan putri asli Mimika pada 2018.

Kepala Bagian SDM Setkab Mimika, Hengki Amisim di Timika, Rabu (7/3) mengatakan, pembatalan dua program beasiswa tersebut antara lain pengiriman calon mahasiswa ke STIP-AN Jakarta dan STIA LAN Makassar.

 

Hengki mengatakan bahwa alasan pembatalan program beasiswa yang bersumber dari APBD Mimika tersebut dikarenakan APBD Induk Mimika 2018 dipastikan mengalami defisit yang cukup besar.

 

"Padahal kita sudah targetkan 2018 ini kita kirim sebanyak 20 ke STIA LAN Makassar dan 30-an mahasiswa baru ke STIP-AN," ujarnya.

 

Sementara itu yang bisa dibiayai oleh Pemkab Mimika kata Hengki pada 2018 ini adalah beasiswa bagi 10 mahasiswa asal Kamoro dan Amungme yang akan dikirimkan ke Sekolah Tinggi Ilmu Pertanahan Nasional di Jogjakarta.

 

"Beasiswa penuh akan diberikan selama satu tahun mulai dari biaya hidup sampai biaya kuliah," kata Hengki.

 

Para mahasiswa akan tinggal di asrama. Semua fasilitas pendukung perkuliahan akan disediakan oleh Pemkab Mimika.

 

"Nanti untuk lanjut ke tingkat berikutnya Pemkab akan MoU untuk lanjut sampai tingkat D3 atau S1," ucapnya lagi.

 

Menurutnya program tersebut menjadi prioritas Pemkab Mimika mengingat banyak persoalan tanah yang dihadapi pemkab setiap tahun, padahal tidak ada ASN Mimika yang memiliki kompetensi atau berasal.dari latar pendidikan tersebut.

 

"Mengingat persoalan tanah di Mimika cukup banyak maka Bupati sendiri yang merekomendasikan agar program beasiswa di bidang ini dilaksanakan 2018. Jadi setelah penetapan kami akan umumkan pendaftaran," katanya.

 

Kesempatan ini hanya dikhususkan bagi warga asli suku Kamoro dan Amungme baik itu yang baru lulus SMA atau juga pegawai honorer. Pihak kampus sendiri akan didatangkan langsung dari Jokjakarta untuk melakukan tes.(Ant/SP)