All for Joomla All for Webmasters

Selasa, 03 April 2018 03:37

Belasan SMA/SMK di Timika Gelar UNBK Tanpa Jaringan Internet  

Ilustrasi Ilustrasi

TIMIKA |  Ketua Panitia Ujian Nasional dan Ujian Sekolah tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Mimika Manto Ginting memastikan belasan SMK akan menyelenggarakan UNBK pada Selasa (3/4) tanpa jaringan Internet.

 

"Hanya tiga sekolah yang dipastikan bisa menyelenggarakan UNBK secara daring karena menggunakan jaringan VSAT. Sedangkan sebanyak 14 SMK yang terdaftar sebagai penyelenggara UNBK tahun 2018 dipastikan menggelarnya tanpa jaringan internet," kata Manto di Timika, Senin (3/4).

 

Tiga SMK dimaksud yakni SMK Negeri 3 Mimika, SMK Kasih Rafael Mimika dan SMK Negeri 2 Mimika.

 

Sesuai jadwal, pelaksanaan UNBK khusus di wilayah Provinsi Papua baru akan dimulai pada Selasa (3/4), sementara sekolah lain di luar Papua telah menyelenggarakan UNBK pada Senin (2/4) mengikuti jadwal nasional.

 

Gangguan jaringan komunikasi khususnya data internet di Timika terjadi sejak Kamis (22/3) tepat pukul 19.20 WIT.

 

PT Telkom dalam rilisnya menyebut membutuhkan waktu pemulihan hingga pertengahan April 2018.

 

 PT Telkom menyebut gangguan sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) pada link Kaimana-Timika.

 

 Menanggapi situasi tersebut, Panitia pelaksana UN Kabupaten Mimika mengaku telah menyurati pihak Telkom dan Telkomsel agar dapat berupaya sehingga pelaksanaan UNBK tidak terkendala.

 

 "Kami sudah surati pihak Telkom dan Telkomsel karena ada sekolah yang menggunakan Indi Home dan Telkom Flash. Sementara ini pihak Telkom sedang mengusahakan pemusatan jaringan internet di SMK Yapis Timika namun sampai malam ini belum ada perkembangan berarti," ujar Manto.

 

Selain UNBK, data Panitia Penyelenggara UN Kabupaten Mimika, terdapat sebanyak empat SMK yang tidak melaksanakan UNBK atau melaksanakan UNKP yakni SMK Negeri 1 Mimika, SMK St Don Bosco Timika, SMK Marathi Mimika dan SMK Pelita Timika dari total 22 SMK Penyelenggara UNBK.

 

  "Kondisi seperti ini tidak kita harapkan bersama namun pelaksanaan UN harus berjalan sehingga sekolah yang menyelenggarakan UNBK tidak dalam jaringan kita akan kirimkan hasilnya setelah pelaksanaan UNBK menggunakan VSAT," kata Manto.(Antara/SP)