All for Joomla All for Webmasters
Senin, 09 April 2018 05:54

Komisi C DPRD Mimika Pantau Pelaksanaan UNBK Tingkat SMA

Komisi C DPRD Mimika saat meninjau pelaksanaan UNBK tingkat SMA Komisi C DPRD Mimika saat meninjau pelaksanaan UNBK tingkat SMA

TIMIKA | Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Papua memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas ((SMA) dibeberapa sekolah di Timika.

 

Sekolah-sekolah yang dikunjungi oleh komisi yang membidangi Pendidikan ini adalah SMAN 3 Mimika, SMA Advent yang berada di Jalan C Heatubun dan SMAN 5 yang berada di Sentra Pendidikan, Jalan Poros SP 5, Senin (9/4).

 

Pemantauan pelaksanaan UNBK dilakukan oleh empat anggota Komisi C, yakni Hadi Wiyono, Sony Kaparang, Yohanes Wantik, dan Tadius Kwali. Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Mimika, Jenny O. Usmani turut serta mendamping.

 

Dari data yang diperoleh, sebanyak 103 siswa di SMA Advent yang mengikuti UNBK, sementara di SMAN 5, terdapat 94 siswa. Masing-masing dibagi dalam dua sesi karena keterbatasan komputer. 

 

Anggota Komisi C DPRD Mimika, Hadi Wiyono mengatakan, pada umunya pelaksanaan UNBK sudah berjalan dengan baik, namun kedepannya Dinas Pendidikan harus menyiapkan sarana dan prasarana, serta membentuk rayon bagi sekolah yang tidak memiliki server. 

 

"Selain pembentukan rayon, perlu ada pengadaan komputer. Agar tidak terjadi dua sesi, sehingga tidak terjadi kebocoran soal," katanya.

 

Lanjut dia, dengan kondisi ini sebagai anggota DPRD, dirinya akan mendorong agar pemerintah daerah bisa mengalokasika anggaran untuk pengadaan komputer.

 

"Intinya kami sangat dukung dengan pelaksanaan UNBK. Selain terjamin kerahasiaan soalnya, siswa juga dituntut untuk mampu mengoperasikan komputer. Dan ini menurut kami sangat bagus," ujarnya.

 

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi C DPRD Mimika, Yohanis Wantik bahwa pelaksanaan UNBK ini sudah bagus. Karenanya pemerintah daerah harus mendukung kekurangan fasilitas yang ada, baik itu komputer maupun jaringan. Sehingga, pada 2019 nanti semua sekolah bisa melaksanakan UNBK.

 

"Pemda Mimika harus mengakomodir dan melihat kekurangan dalam pelaksanaan ujian dengan sistim UNBK ini. Sehingga kemajuan pendidikan di Mimika tidak ketinggalan dengan daerah lain," ungkapnya.(mjo/SP)