All for Joomla All for Webmasters
Senin, 09 April 2018 07:40

Pelaksanaan UNBK di Mimika Berjalan Dengan Lancar

Suasana pelaksanaan UNBK tingkat SMA yang dilaksanakan di SMKN 3 Mimika Suasana pelaksanaan UNBK tingkat SMA yang dilaksanakan di SMKN 3 Mimika

TIMIKA | Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Mimika, Papua yang dimulai pada Senin, 9 April 2018 berjalan lancar. 

 

Dari pantauan seputarpapua.com di lapangan, sejumlah sekolah yang dijadikan lokasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer sangat siap. Meskipun masih terdapat sejumlah kekurangan teknis maupun non teknis namun tidak terlalu menganggu ujian.

 

Petugas Pemantau Ujian Nasional dari Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Idris mengatakan, sejumlah kendala non teknis yang ditemukan di lapangan antara lain, mobilisasi siswa ke tempat pelaksanaan ujian yang tidak tepat waktu sehingga para siswa masih saja ada yang terlambat. 

 

"Kita tau bersama Mimika hampir sebulan terakhir mengalami gangguan jaringan internet, sehingga pelaksanaan UN di pusatkan di SMKN 3, hal inilah yang membuat banyak mahasiswa terlambat," jelasnya saat ditemui di SMAN 5, Senin (9/4).

 

Sementara untuk kendala teknis, kata Idris, pelaksanaan ujian juga terkendala sarana dan prasarana,  dimana komputer yang digunakan untuk pelaksanaan UNBK masih kurang. Harus dibedakan antara penggunaan komputer untuk pembelajaran dan untuk pelaksanaan UNBK. 

 

"Kalau komputer untuk pembelajaran merupakan kewenangan setiap sekolah. Tapi untuk pelaksanaan UNBK merupakan kewenangan daerah sehingga diharapkan kedepan pemerintah daerah dapat menyiapkan komputer," tuturnya.

 

Lanjut dia, salah satu tujuan pemenuhan sarana dan prasarana untuk UNBK adalah kerahasiaan soal dan kejujuran siswa dalam menyelesaikan soal.

 

"Meskipun hasilnya masih belum sepenuhnya memuaskan, tetapi paling tidak ada edukasi lain kepada siswa bahwa harus memiliki kejujuran dalam menyelesaikan soal," jelasnya. 

 

Ia menambahkan, tingkat kejujuran siswa di Papua menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebelum diberlakukan sistim UNBK berada pada tingkat 23-26, namun setelah menggunakan sistim UNBK tingkat kejujuran siswa di Papua masuk pada 10 besar.

 

"Dengan demikian Pemerintah Daerah diharapkan bisa memenuhi sarana dan prasarana yang ada walaupun nanti hasilnya belum sepenuhnya memuaskan," ungkapnya.(mjo/SP)