All for Joomla All for Webmasters
Senin, 20 November 2017 12:07

Pemkab Demak Akan Fasilitasi Warga yang Dievakuasi Pulang Kampung

Foto bersama pejabat Pemkab Demak dengan warga pengungsi Foto bersama pejabat Pemkab Demak dengan warga pengungsi

TIMIKA I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak akan berupaya memfasilitasi kepulangan warganya, yang beberapa waktu lalu berhasil dievakuasi dari wilayah Tembagapura ke Timika.

Sebagai bentuk keseriusan dari Pemkab Demak, Senin (20/11/17),  tiga orang diutus oleh Bupati Demak ke Kabupaten Mimika, yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Pemkab Demak Eko Pringgo Laksito, Kepala Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, H Agus Herawan, Kepala BAZNAS Demak Bambang Susetioyanto.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Industri Pemkab Demak, Eko Pringgo Laksito mengatakan, pihaknya diperintahkan oleh Bupati Demak untuk melihat secara langsung warga Demak yang beberapa waktu lalu menghadapi permasalahan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Tembagapura.  Pemkab Demak akan berupaya semaksimal mungkin untuk memfasilitas dan melakukan wawancara langsung dengan warga Demak. Ini dilakukan untuk mengetahui jumlah dari warga Demak dan apakah mereka ingin pulang atau tidak.

“Selain itu Pemkab Demak juga dituntut oleh keluarga korban343 yang terus menanyakan kondisi keluarga yang di Mimika. Sehingga kami bertanggungjawab terhadap warganya. Walaupun warga Demak dalam mencari pekerjaan tidak ijin dari pemerintah. Tapi mereka adalah warga kami,”kata Kadisnaker dan Industri Demak, Eko Pringgo Laksito disela-sela kunjungannya menemui warga Demak di Mimika, Senin (20/11/17).

Kata dia, saat ini warga Demak yang ada di Mimika berdasarkan data yang ada sebanyak 39 orang. Jumlah ini sudah disempurnakan karena sebelumnya data dari jumlah warga Demak berubah-ubah.

Dikataka, sebelmnya sesuai datanada 43 orannh, tapi empat warga lainnya sudah kembali ke kampung halamannya.

“Sekarang masih ada 39 orang, dan kondisinya, Alhamdulillah semua dalam keadaan sehat dan kehidupannya sudah normal. Namun secara psikis yang perlu dibangun,”tuturnya.

Ia menambahkan, dalam pertemuan yang sudah dibangun, para warga Demak sepakat untuk pulang. Karenanya, pihaknya akan memfasilitasi dan berkoordinasi agar warga Demak bisa pulang bersama-sama dengan menggunakan pesawat terbang.

“Intinya, kami siap memfasilitasi warga Demak untuk pulang ke kampung halaman. Dan saat ini, kami masih berkoordinasi untuk mencari  pesawat terbang, agar mereka bisa pulang bersama-sama,”ungkapnya.(mjo/SP)