All for Joomla All for Webmasters
Rabu, 22 November 2017 10:24

Pemkab Canangkan Mimika Go Adipura 2020

TIMIKA | Sebagai salah satu kabupaten yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ke-20 tahun 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten Mimika mencanangkan gerakan Mimika go Adipura.

"Salah satu yang harus disiapkan untuk pelaksanaan tersebut dengan menjadikan Mimika kota yang bersih," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Mimika, Limi Mokodompit pada acara pencanangan Mimika go Adipura di halaman Mulia Mini Mall (Gelael), Rabu (22/11/2017).

Ia mengatakan, yang akan dilakukan oleh pemerintah Kabupaten ialah menyiapkan taman kota, ruang terbuka hijau dan bagaimana membentuk kesadaran masyarakat dalam menciptakan kebersihan kota dengan tidak membuang sampah bukan pada tempatnya.

Di tempat yang sama Sekretaris Dinas Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi Papua Emi Mandosir mengatakan, pemerintah provinsi akan terus mendukung Pemerintah Kabupaten Mimika dalam pelaksanaan gerakan Mimika go Adipura.

Menurutnya, Kabupaten Mimika masih memiliki komitmen yang rendah dan juga belum memenuhi kriteria standar Adipura. Oleh karenanya Pemerintah Provinsi akan terus melakukan pendampingan dalam penataan.

"Memang sudah seharusnya melakukan penataan sebelum nanti ada penilaian dari Kementerian," kata Emi yang juga sebagai Tim Koordinator Pelaksana Go Adipura.

Pencanangan Mimika go Adipura ditandai dengan penanaman pohon oleh Asisten 2 Sekretariat Daerah Mimika Lopianus Fuakubun, Sekretaris Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Emi Mandosir, Kepala Kantor Garuda Cabang Mimika dan perwakilan Danlanal Mimika.

Acara yang diikuti oleh perwakilan SKPD di lingkup Pemkab Mimika, pelaku-pelaku usaha dan perwakilan beberapa sekolah swasta dan negeri ini juga juga diisi dengan jalan santai sambil memungut sampah dengan rute Jalan Cendrawasih - Budi Utomo - Belibis - Yos Sudarso dan kembali ke halaman Gelael. Usai kegiatan jalan santai acara ini dilanjutkan dengan pembagian door prize bagi seluruh peserta. (Nft/SP)