All for Joomla All for Webmasters
Rabu, 27 Desember 2017 11:10

Jembatan Hamadi-Holtekam Ditargetkan Selesai Sebelum PON 2020

Jembatan Holtekam-Hamadi Jayapura Jembatan Holtekam-Hamadi Jayapura

JAYAPURA | Pelaksana pembangunan Jembatan Hamadi-Holtekam menargetkan proyek tersebut diselesaikan sebelum berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

"Kami pastikan jembatan Hamadi-Holtekam bisa digunakan sebelum pelaksanaan PON 2020 di Papua," kata Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Papua, Oesman Marbun seperti dikutip Antara di Jayapura, Rabu (27/12).

Untuk bentang tengah jembatan, menurut dia, diupayakan lebih cepat dari rencana kontrak. Dimana sesuai kontrak kerja bentang tengah jembatan sampai September 2018.

"Kami upayakan pengerjaan bentang tengah jembatan sampai Juni 2018 bisa selesai, syukur bisa cepat, supaya kita bisa menangani sisa-sisa pekerjaan yang belum tuntas," ujarnya.

Lanjut dia, sisa pekerjaan yang belum tuntas diantaranya jalan penghubung dari Hamadi-Holtekam, kemudian jalan dari Holtekam juga ada sekitar 7,5 meter lagi yang belum diselesaikan.

"Tapi kita sesuaikan lebarnya, itu menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Jayapura," katanya.

Kemudian, tambah dia, ada jembatan penghubung lagi yang sisanya sekitar 300 meter dan itu sementara dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Papua.

"Jadi, kita harapkan sinergisitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bisa mempercepat penghubungnya dari Hamadi-Holtekam melalui jembatan ini," ujarnya.

Sebelumnya, rangka utuh lengkung jembatan Hamadi-Holtekamp yang dikirim dari Surabaya, Provinsi Jawa Timur, tiba di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (21/12) sekitar pukul 10.00 WIT.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara langsung melayarkan bentang utama (Center Span) jembatan Holtekamp Papua dari dermaga PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Minggu (3/12).

Basuki Hadimuljono merasa bangga dengan karya anak bangsa ini. “Untuk Jembatan modern selanjutnya, kita akan utamakan buatan anak negeri. Apalagi tingkat komponen dalam negeri yang digunakan dalam pembangunan jembatan ini mencapai 95%. Ini, untuk mendukung peningkatan pemanfaatan dan produksi baja dalam negeri,” katanya.

Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh menuturkan rasa bangga dan terima kasih atas kerpercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI melalui konsorsium kepada PT PAL Indonesia dalam pembuatan jembatan Holtekamp yang nantinya akan menjadi icon modern di Papua.

Budiman menyampaikan, jembatan yang diproduksi sejak Juli 2017 ini dikerjakan dengan harapan menjadi kado akhir tahun untuk masyarakat Papua.

“Sebagai galangan kapal, PT PAL memiliki keunggulan dalam bidang pengelasan baik untuk konstruksi bangunan baru serta pemeliharaan dan perbaikan baik untuk kapal maupun non kapal,” ujar Budiman. (Ant/rum/SP)