Puskesmas Agats Mulai Benahi Pelayanan

Puskesmas Agats Mulai Benahi Pelayanan
Pelayanan di ruangan daftar pasien pada Puskesmas Agats.

ASMAT | Puskesmas Agats mulai melakukan pembenahan, setelah sejumlah stafnya mengikuti pelatihan dan pendampingan terkait tata kelola Puskesmas yang diselenggarakan oleh Program Perbaikan Layanan Pendidikan Dan Kesehatan (Landasan) Papua di Jayapura, beberapa waktu lalu.

Puskesmas Agats telah melakukan beberapa pembenahan, di antaranya memperindah dan mempercantik ruangan-ruangan puskesmas, memasang struktur organisasi dan membuat kotak saran.

Kepala Puskesmas Agats, Natan Rias SKM, Jumat (6/10) mengatakan, Puskesmas yang berada di ibukota Kabupaten Asmat ini juga mulai menata  pelayanan dengan menempatkan petugas di setiap ruangan pelayanan sesuai tugas pokok dan fungsinya, seperti di ruangan tata usaha, ruangan tensi, loket pelayanan dan apotik.

“Saat teman-teman kembali dari pelatihan Landasan, saya minta mereka mengimplementasikan apa yang telah terima dari program tersebut. Kami sangat menyambut Program Landasan yang digalakkan teman-teman KOMPAK,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah membuat jadwal atau rolling petugas di setiap unit layanan untuk satu bulan. “Kami juga meningkatkan pelayanan melalui 5 pustu dan 2 posyandu yang tersebar di 14 kampung. Dari 5 pustu itu, satu pustu yang tidak aktif,” kata dia.

Diterangkan, pelayanan Posyandu dijadwalkan sebulan sekali dengan pelayanan rutin, seperti imunisasi bayi, pemeriksaan ibu hamil dan lansia. Usai kegiatan posyandu, petugas memberikan pelayanan umum untuk kategori penyakit ringan, seperti malaria dan ispa.

“Di tiap pustu, kami tempatkan dua tenaga medis. Selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, mereka membuat laporan tentang persediaan obat, perkembangan penyakit, laporan kematian dan sebagainya,” tuturnya.

Natan menambahkan, penyakit yang dominan pada masyarakat di Agats umumnya infeksi saluran pernapasan (ispa) dan malaria. Penanganan penyakit serius seperti  TB langsung ditangani petugas khusus.

“Kami sudah ikuti Program Landasan Papua dengan baik, hanya saja kami masih kekurangan sarana prasarana serta fasilitas medis. Sejumlah ruangan juga belum difungsikan baik, seperti ruangan poli gigi,” tandasnya. (NT/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *