Pemkam Beriten di Asmat Bentuk Tim Penyusun RPJMK

Pemkam Beriten di Asmat  Bentuk Tim Penyusun RPJMK
Kepala Kampung Beritem Distrik Agats, memimpin rapat pembahasan RPMJK.

ASMAT |  Pemerintah Kampung (Pemkam) Beriten, Distrik Agats, Kabupaten Asmat membentuk  Tim Penyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK) .

“Setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan yang diselenggarakan Program Landasan Papua, kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tahapan rencana kegiatan dan program pembangunan di Beriten,” kata Kepala Kampung Beriten, Paulus Sirem, Jumat (6/10).

Setelah sosialisasi itu, lanjut dia, Pemkam bergerak cepat dengan membentuk Tim Penyusun RPJMK. Tim ini melibatkan seluruh komponen masyarakat yang ada di kampung tersebut, yakni
 unsur pendidikan, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, perempuan dan pemuda ini berfungsi menyerap berbagai usulan dan aspirasi masyarakat terkait pembangunan yang akan dilaksanakan di kampung tersebut. Selanjutnya, usulan prioritas diakomidir dalam bentuk program kerja.

“Sebelum menyusun dokumen RPJMK Beriten, tim penyusun akan memfasilitasi kegiatan musyawarah kampung  untuk menampung aspirasi serta usulan masyarakat terkait pembangunan,” tuturnya.

Selanjutnya, berbagai usulan pembangunan itu diserahkan kepada Tim Verifikasi. Tim Verifikasi akan mengkaji dan merumuskan skala prioritas pembangunan yang dituangkan dalam dokumen RPJMK maupun RKPK.

Ia menambahkan, setelah mengikuti Program Landasan Papua juga, Pemerintah Kampung Beriten sudah bisa menggunakan aplikasi Sistem Administrasi dan Informasi Kampung (SAIK).

 Aplikasi ini khusus penginputan data-data informasi kampung, seperti profil kampung, demografi, data penduduk dan sebagainya.

Melalui aplikasi ini pula, pemerintah kampung dapat menerbitkan sekitar 15 form surat untuk berbagai urusan, di antaranya surat keterangan domisili, surat keterangan usaha di desa atau kampung/ surat rekomendasi dan surat pengantar surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

“Operator aplikasi ini adalah kader kampung, kami punya dua kader. Program Landasan Papua memang sangat mendukung agar kami bisa secara mandiri menyusun program dan melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan. Kami harapkan program ini bisa dilanjutkan,” tandasnya. (NT/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *