All for Joomla All for Webmasters

 

Sabtu, 10 Februari 2018 08:00

Kartu Asmat Pintar Mudahkan Penyaluran Bantuan Studi 

ASMAT I Kartu Asmat Pintar yang diluncurkan Bupati Asmat Elisa Kambu, S. Sos pada 17 Agustus 2017 lalu ternyata sangat memudahkan pelajar maupun mahasiswa yang menempuh pendidikan untuk menerima bantuan studi di sejumlah kota baik di Papua maupun di luar Papua. 

 

Hal tersebut diungkapkan, Lau, seorang mahasiswa Asmat yang sedang kuliah di Umil Mandiri. 

 

Lau yang kini sedang memasuki semester empat mengatakan,  dengan adanya Kartu Asmat Pintar memudahkan dirinya dalam menerima bantuan studi dari Pemkab Asmat. 

 

Namun, dia pun mengharapkan kedepannya nilai bantuan ini dapat ditingkatkan lagi jumlahnya. 

 

"Dengan kartu ini (Kartu Asmat Pintar) dana bantuan kami bisa diterima dengan cepat.  Tapi,  saya berharap kedepannya jumlahnya bisa ditingkatkan lagi," tutur pemuda asal Kampung Vos, Distrik Sirets, via seluler.

 

Hal senada juga disampaikan,  Atha, seorang mahasiswi yang sedang kuliah di Poltekes Padang Bulan, Jayapura.

 

Kata Atha, Kartu Asmat Pintar ini memudahkannya dalam menerima bantuan. Sebab, bantuan tersebut langsung masuk ke rekeningnya, sehingga tidak perlu lagi ke satu tempat untuk menerima bantuan studi tersebut. 

 

"Bantuan studi yang kami terima langsung masuk ke rekening saya. Jadi, saya tidak harus ketempat pambagian bantuan studi yang akan memerlukan waktu lagi saat petugas dari Bagian Kesra datang melakukan pembagian ke kota kota studi," ungkap Atha. 

 

Untuk diketahui, Kartu Asmat Pintar diluncurkan Bupati Asmat Elisa Kambu pada 17 Agustus 2017, bertepatan dengan peringatan HUT RI ke 72.

 

Pemkab Asmat dalam meluncurkan Kartu Asmat Pintar ini bekerjasama dengan Bank Papua Cabang Agats. 

 

Setelah diluncurkan, kini pelajar maupun mahasiswa Asmat yang menempuh pendidikan di sejumlah kota studi baik di Papua maupun di luar Papua telah menerima bantuan tersebut. 

 

Jumlah anggaran yang dikucurkan untuk batuan studi sebesar Rp5.796.000.000. Jumlah tersebut diperuntukkan untuk bantuan studi berjalan mahasiswa, bantuan studi akhir mahasiswa, bantuan studi pelajar bagi SMK-SMU, bantuan studi akhir pelajar SMK-SMU, bantuan beras mahasiswa semester berjalan, batuan beras mahasiswa studi akhir, bantuan beras pelajar semester berjalan, bantuan beras pelajar studi akhir dan bantuan studi lainnya. 

 

"Saya mengharapkan kepada mahasiswa dapat menggunakan bantuan tersebut untuk keperluan studi," harap bupati ketika meluncurkan Kartu Asmat Pintar. 

 

Pada saat itu juga, bupati mengingatkan agar fasilitas asrama yang sudah di bangun Pemkab Asmat di Jayapura, Merauke dan Tomohon dapat dijaga dan dirawat dengan baik.

 

"Asrama yang sudah dibangun ini fasilitasnya harus dijaga dan dirawat dengan baik. Sebab ini demi kepentingan mahasiswa sendiri," pesan bupati. (Ipa/SP)