All for Joomla All for Webmasters
Kamis, 15 Maret 2018 07:36

Menteri PUPR Kunjungi Asmat, Sejumlah Pembangunan Infrastruktur Segera Dilakukan

 Menteri PUPR didampingi Bupati Asmat ketika meninjau rumah masyarakat di belakang Pasar Dolog Menteri PUPR didampingi Bupati Asmat ketika meninjau rumah masyarakat di belakang Pasar Dolog

ASMAT | Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kamis (15/3) mengunjungi Kabupaten Asmat. Sejumlah infrastruktur di Asmat segera dibangun.

Menteri Basuki mengatakan, kehadirannya di Asmat atas perintah langsung Presiden Joko Widodo. Pasalnya, Asmat menjadi perhatian pemerintah pasca kejadian luar biasa campak dan gizi buruk beberapa waktu lalu.

Agar tidak terulang, Kementerian PUPR akan membangun 100 rumah dan memperbaiki 114 rumah yang sudah dibangun sebelumnya, membangun sembilan kolam air bersih, infrastruktur jalan dan menyerahkan tiga unit kendaraan pengangkut sampah.

" Jadi ini dibangun bukan atas perintah Menteri Basuki, tapi atas perintah langsung Bapak Presiden RI," kata Basuki.

Manteri Basuki mengungkapkan, saat mendapingi Presiden ke Batam, Jokowi juga menanyakan perkembangan Asmat.

" Kita akan percepat pembangunan ini. Kita minta Bupati dan Wabup mengawasi pekerjaan ini," harap Basuki.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, KLB yang terjadi beberapa waktu membuat Asmat tidak berdaya. Namun karena Asmat mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat, maka pemerintah dan warga mengucapkan terima kasih.

Asmat adalah kabupaten baru dengan kondisi geografis yang begitu sulit membuat pemerintah bekerja keras di semua lini. Namun demikian, Asmat dibantu oleh Kementerian PUPR untuk membangun sejumlah infratruktur di Asmat.

"Sejak dua tahun lalu kita sudah dibangun rumah layak huni bagi masyarakat," kata Bupati.

Menurut Bupati, Asmat yang dijuluki sebagai Kota Seribu Papan membuat semua infrastruktur dibangun menggunakan kayu termasuk jalan-jalan. Namun jika ini terus berlangsung, maka kayu di Asmat akan punah.

" Sekarang kami pemerintah Asmat sudah mulai membangun jalan dengan konstruksi beton, namun kami harap Bapak Menteri bisa membantu kami," harap Bupati Asmat.

Pada kesempatan ini, Menteri Basuki
mengunjugi pembangunan reservoir air bersih dan perumahan masyarakat di Kampung Suru, serta mengunjungi pembangunan RSUD baru dan pembangunan konstruksi jalan beton.

Tak hanya itu, Menteri Basuki juga  meninjau rumah masyarakat di belakang Pasar Dolog serta sumur bor yang sudah selesai di perbaiki di Jalan Yos Sudarso, Distrik Agats.

Selain itu juga, Menteri Basuki  turut bernyanyi lagu Tanah Papua bersama pelajar SMA Negeri 1 dan menyumbangkan 2 buah gitar. (Ipa/SP)