All for Joomla All for Webmasters

Selasa, 20 Maret 2018 08:14

Gelar Raker Kepala Kampung, Bupati Asmat: Keuangan Kampung Harus Dikelola Dengan Jujur

ASMAT |  Untuk meningkatkan sumber daya aparat kampung, Pemerintah Kabupaten Asmat menggelar Rapat Kerja (Raker) yang diikuti  224 kepala kampung yang tersebar di 23 distrik.

 

Raker yang dibuka Bupati Asmat Elisa Kambu juga diikuti  sekretaris dan bendahara kampung. Raker ini digelar selama lima hari, mulai Senin (20/3) sampai Sabtu (24/3), di  Gedung Wiyata Mandala Dinas Pendidikan. 

 

Raker ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya aparat kampung. Terutama bagi kepala kampung agar mampu mengelola kampung dengan baik dan benar. 

 

Tujuan lainnya, agar aparat kampung mampu mengelola keuangan  secara baik dan bertanggungjawab.  

 

Bupati Asmat, Elisa Kambu dalam sambutannya mengatakan,  Raker kepala kampung penting dilaksanakan karena perubahan terus terjadi. 

 

"Kalau tahun lalu pematerinya dari kita saja, kalau sekarang ada dari BPKP Provinsi Papua untuk pengelolaan keuangan," kata Bupati. 

 

Kata Bupati, Alokasi Dana Desa (ADD) di kampung harus dikelola secara jujur. "Jangan sampai rencana lain, laksanakan lain dan laporan lain," tegas Bupati.

 

Orang nomor satu di Kabupaten Asmat ini menambahkan, dana ADD yang dikelola kampung dan bersumber dari APBN tidak diketahui oleh Bupati. Pasalnya, uang tersebut langsung masuk ke rekening masing-masing kampung. 

 

Bupati akui,  ia mendengar informasi dari masyarakat bahwa, dana yang disalurkan hanya sedikit yang dibelanjakan untuk kepentingan masyarakat.

 

Untuk itu, Bupati tegaskan apabila,  pelaksanaan pengelolaan keuangan kampung tidak berjalan baik, maka para pendamping  kampung harus dievaluasi mana yang dipertahankan dan mana yang kontraknya selesai.

 

" Jadi saya dengan informasi bahwa kepala kampung dan pendamping hitung ini hitung itu jadinya tinggal sedikit untuk dibelanjakan," ungkap Bupati.

 

Sementara itu, dalam Raker ini yang menjadi narasumber diantaranya,  Bupati Asmat, Bagian Inspektorat Asmat, Kapolres Asmat, Dinas Kesehatan Asmat, Dinas Sosial Asmat, Bappeda Asmat, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset  Daerah Asmat, serta dari  BPKP Provinsi Papua.

 

Untuk diketahui,  dasar pelaksanaan Raker kepala kampung berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. PP Nomor 43 Tahun 2014 tantang Peraturan Pelaksana UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa diubah dengan PP Nomor 47 Tahun 2015 tentang perubahan atas PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 

 

Dasar lainnya, PP Nomor 60 Tahun 2014 diubah dengan PP Nomor 22 Tahun 2015 tentang perubahan atas PP Nomor 60  Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN. 

 

Selanjutnya Permendagri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di dlDesa dan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. (Ipa/SP)