All for Joomla All for Webmasters
Rabu, 21 Maret 2018 06:46

Bupati Asmat Buka Raker Kesehatan dan Puskesmas

 Suasana pembukaan Raker Kesehatan dan Puskesmas se-Kabupaten Asmat Suasana pembukaan Raker Kesehatan dan Puskesmas se-Kabupaten Asmat

ASMAT I Bupati Asmat Elisa Kambu, S.Sos membuka secara resmi Rapat Kerja (Raker)  Kesehatan dan Puskesmas se-Kabupaten Asmat yang digelar Dinas Kesehatan, di Aula Ja Asamanam Apcamar, Kota Agats. Raker ini akan berlangsung mulai Rabu hingga Selasa (21-27/3/2018). 

 

Raker ini diikuti 66 tenaga kesehatan dari 17 Puskesmas, termasuk satu Puskesmas baru. Sedangkan tema dalam Raker ini, yaitu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Dengan sub tema, melalui Raker kita tingkatkan disiplin dan komitmen kerja tenaga kesehatan Puskesmas yang profesional. 

 

Bupati Asmat Elisa Kambu dalam sambutannya mengharapkan peserta Raker dapat menyusun program-program  yang lebih baik lagi demi kesehatan masyarakat. 

 

Selain itu, bupati mengharapkan adanya penandatanganan pakta integritas bagi seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di Asmat. 

 

"Saya harapkan dari Raker ini kita bisa rumuskan bersama agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat lebih baik lagi," harap bupati. 

 

Pada kesempatan ini, bupati menyampaikan akan menyebar tenaga kesehatan yang saat ini bertugas di Puskesmas Agats. 

 

Dimana, dari sekitar 70 tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Agats nanti hanya ada sekitar 25 tenaga kesehatan. Sedangkan sisanya akan di sebar ke sejumlah Puskesmas termasuk satu Puskesmas yang baru.

 

"Nanti kita buatkan SK. Kalau yang tidak mau melaksanakan tugas sesuai SK penempatan akan di tindak," tegas bupati. 

 

Selain itu juga, tegas bupati bahwa, gaji tidak akan dibayarkan melalui rekening masing-masing lagi, tetapi akan dibayarkan tunai dan diantar ke tempat tugas. Hal ini guna memastikan keberadaan petugas kesehatan tersebut. 

 

"Jadi petugas kesehatan jangan takut untuk melaporkan mereka yang tidak pernah bertugas, karena saya ada di belakang anda. Sebab, ini semua demi masyarakat. Ini juga berlaku untuk guru dan aparat distrik," tutur bupati. 

 

Sementara itu, ketua panitia Raker, Yonathan Kambu dalam sambutannya menjelaskan tujuan  dari kegiatan ini. 

 

Disebutkan Yonathan, Raker ini untuk menyusun rencana kerja dan melakukan evaluasi total kinerja seluruh Puskesmas. 

 

Saat ini di Kabupaten Asmat terdapat 16 Puskesmas ditambah satu Puskesmas baru sehingga ada 17 Puskesmas. Untuk itu, diharapkan, peserta Raker dapat menyusun rencana kebijakan dan strategi untuk dilakukan di tahun 2018-2019. 

 

"Raker ini untuk menyusun rencana kerja dan melakukan evaluasi total kinerja seluruh Puskesmas," kata Yonathan.(RAB/IPA/SP)