All for Joomla All for Webmasters

Jumat, 06 April 2018 00:45

Asmat Gelar Musrenbang Menyusun RKPD 2019

ASMAT |  Kabupaten Asmat menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja  Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019.

 

Musrenbang tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Asmat, Kamis (5/4) secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo, ST. 

 

Dalam sambutannya,  Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo mengatakan, musyawarah rencana pembangunan tingkat kabupaten dilakukan setelah dilaksanakan Musrenbang kampung, distrik dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

"Musrenbang adalah agenda rutin yang harus dilaksanakan setiap tahun," kata orang nomor dua di Kabupaten Asmat tersebut.

 

Dikatakan, produk atau program yang dihasilkan melalui Musrenbang sangat menentukan capaian program Pemkab Asmat, pemerintah povinsi dan pusat.

 

Untuk itu, diharapkan setiap OPD mengakomodir usulan setiap kampung dan distrik. OPD juga diminta menyusun program prioritas pembangunan agar nantinya dituangkan dalam RKPD Asmat tahun 2019 dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021.

 

Ditegaskan, pihaknya berkomitmen mewujudkan enam visi dan misi selama mereka menjabat.

 

Enam visi dan misi ini meliputi, pertama, membangun birokrasi bersih, responsif, transparan dan akuntabel. Kedua, meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas akses pendidikan. Ketiga, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Keempat, mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Kelima, mempercepat pembangunan infrastruktur dan memperluas lapangan kerja dan keenam, memperkuat partisipasi masyarakat dalam pembuat kebijakan publik.

 

Selain itu juga Wakil Bupati menyoroti kinerja aparatur yang dinilainya masih sangat rendah. " Persoalan ini yang perlu perhatian semua, termasuk masih rendahnya kualitas pendidikan, distribusi guru dan tenaga kesehatan yang belum proporsional serta sarana dan prasarana," kata Wakil Bupati.

 

Sementara Ketua Panitia Musrenbang Tingkat Kabupaten, Drs. Lambertus Leu mengatakan, tujuan dilaksanakan Musrenbang dalam rangka menyusun RKPD 2019 yang menjadi rencana kerja Pemkab Asmat. 

 

Musrenbang juga dilakukan untuk menyelaraskan semua program selama satu tahun kedepan untuk mendukung visi dan misi kepala daerah seperti tertuang dalam RPJMD.

 

Untuk diketahui, Musrenbang Tingkat Kabupaten dihadiri semua OPD, organisasi vertical dan organisasi kemasyarakatan, para stakeholders yang ada di Asmat serta utusan dari 23 distrik sebanyak 69 orang. (RAB/IPA/SP)