All for Joomla All for Webmasters

Selasa, 10 April 2018 10:05

Jelang PON XX, Enam Cabor Piala Bupati Asmat CUP Digelar

ASMAT I Menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua tahun 2020, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Asmat menggelar enam pertandingan cabang olahraga (Cabor) bertajuk Bupati CUP.

 

Eman Cabor yang dipertandingkan pada Bupati CUP Pertama, yaitu Badminton, Karate, Taekwondo, Bola Volli, Basket, Futsal. Serta satu bela diri dari perguruan Kera Sakti ikut memeriahkan turnamen ini. 

 

Untuk Badminton dibagi dua kelas, yakni  usia sekolah dan dewasa kategori A dan B. Sedangkan untuk Karate,Taekwondo diikuti 125 atlet. Sementara untuk Bola Volli diikuti 26 tim, Basket 11 tim dan Futsal 79 tim. Para atlet ini berasal dari 20 distrik. 

 

Bupati Asmat Elisa Kambu, S.Sos ketika membuka turnamen ini, pada Senin (9/4/2018) sore meminta seluruh atlet pada lima Cabor ini menjunjung tinggi sportifitas dan menjaga keamanan agar selama pelaksanaan turnamen  berlangsung kondusif. 

 

"Juara bukan yang utama, tetapi bagaimana saya (atlet-red) tunjukan bahwa saya bisa,” pesan Bupati. 

 

Melalui turnamen ini, Bupati mengharapkan akan ada atlet  dari Kabupaten Asmat mewakili Provinsi Papua mengikuti PON XX mendatang. 

 

"Lewat event ini kita sedang persiapkan diri untuk PON 2020 di Tanah Papua. Pemerintah Daerah Kabupaten Asmat beserta Panitia dan seluruh masyarakat berharap bahwa, dari event ini, kita semua punya kerinduan harus ada atlet dari Asmat yang mewakili Papua mengikuti PON," harap Bupati. 

 

Piala Bupati CUP Pertama ini mengusung tema "Melalui Kejuaraan Bupati Cup I Kabupaten Asmat tahun 2018, kita tingkatkan prestasi olahraga menuju PON XX tahun 2020 di Tanah Papua."

 

Sedangkan dasar digelarnya Bupati CUP Pertama ini berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2005, tentang sistem keolahragaan nasional. 

 

Sementara anggaran Bupati CUP Pertama ini bertumpuh pada Dokumen Anggaran Organisasi Perangkat Daerah Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Asmat tahun anggaran 2018, Nomor 0014/DPA-OPD/1.18.01/2017. 

 

Ruben Kamur, S.Th,M.Pd,M.Si selaku ketua panitia menuturkan, maksud dan tujuan dari pelaksanaan Bupati CUP dalam rangka memupuk dan memelihara serta menggalang persatuan dan kesatuan seluruh komponen Pemuda di Asmat. Juga sebagai motivasi bagi generasi muda dibidang olahraga sebagai aset bangsa. 

 

"Banyak anak muda di Asmat memiliki bakat dibidang olahraga, untuk itu kita menggelar kejuaraan Bupati CUP dengan beberapa mata lomba yang kita yakini akan dapat berprestasi dan membawa nama daerah ketingkat yang lebih tinggi, ditingkat Nasional," kata Ruben. (RBE/IPA/SP)