Kementerian Kominfo Sediakan Jaringan Internet Gratis di Asmat

Kementerian Kominfo Sediakan Jaringan Internet Gratis di Asmat
Tower Telkomsel yang berada di Distrik Atsy.

ASMAT | Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada tahun ini bakal membuka jaringan internet di tujuh titik di Kabupaten Asmat. Layanan internet tersebut digratiskan untuk masyarakat agar bisa mengakses kebutuhannya.

 

Kepala Dinas Informasi Komunikasi Statistik dan Persandian Kabupaten Asmat, Jamaluddin mengatakan, layanan internet gratis menyasar tempat-tempat umum yang strategis seperti puskesmas dan sekolah.

 

Ia menyebut, tujuh titik layanan internet gratis tahun ini bakal dipasang di Pasar Dolog Distrik Agats, Puskesmas Agats, SMP Yaleka Agats, SMP Negeri 2 Agats, SD Negeri Atsy di Distrik Atsy dan Puskesmas Atsy.

 

“Ada tujuh semuanya, lima dalam wilayah Kota Agats dan dua lainnya di Distrik Atsy.  Kalau ini sudah aktif, mudah-mudahan masyarakat sudah bisa mengakses internet,” kata Jamaluddin.

 

Adapun pada tahun 2017 lalu, katanya, Kementerian Kominfo menyediakan layanan internet gratis pada delapan titik, antara lain di Pelabuhan Agats, SMA Negeri 1 Agats, SMP Yapis, Kantor Orari, SMA Yansmit, SMP YPPK Agats, Lapangan Yos Sudarso dan Bandara Ewer.

 

“Semuanya disediakan di fasilitas umum. Yang dibuka tahun lalu sudah on air semuanya. Untuk internet gratis ini pusat kendalinya dari Kementerian Kominfo,” ujar Jamaluddin.

 

Sementara penyediaan internet untuk segenap organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Asmat, katanya, Dinas Infokom Asmat telah memasang jaringan internet pada 25 instansi pemerintah daerah yang ada.

 

“Untuk 25 OPD kita sudah pasang jaringan internetnya pada tahun 2017. Hanya saja kapasitasnya belum maksimal. Itu kecuali kabel fiber optic sudah terpasang, baru bisa maksimal. Kami juga memasang jaringan internet di sembilan sekolah pada tahun ini,” katanya.

 

Pemasangan jaringan internet di semua SKPD sesuai arahan atau program dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terutama guna mendukung pemerintah dalam menerapkan e-Government.

 

“Kehadiran jaringan internet tentu untuk mendukung pelayanan pemerintahan yang berbasis online,” imbuhnya. (NT/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *