Pemda Mau ke Amerika, Dewan: Jangan Gunakan Uang Rakyat

Pemda Mau ke Amerika,  Dewan: Jangan Gunakan Uang Rakyat

TIMIKA I  Rencananya Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan sejumlah anggota DPRD Mimika akan berkunjung ke Amerika Serikat. Terkait dengan keberangkatan tersebut, salah satu anggota DPRD Mimika, Mathius Uwe Yanengga meminta agar tidak menggunakan uang rakyat.

“Kalau pergi ke Amerika dengan uang pribadi tidak jadi soal. Tapi kalau dengan anggaran daerah, maka kami sangat menyayangkan,”kata Anggota Komisi A DPRD Mimika, Mathius Uwe Yanengga di Kantor DPRD Mimika,Senin (30/10/7).

Dengan kondisi daerah yang seperti ini, tidak ada keinginan DPRD untuk pergi ke Amerika. Tetapi kalau ada, kata dia itu merupakan oknum yang kemungkinan ada kepentingan pribadi. Apalagi ini tahun politik.

“Saya tegaskan jangan gunakan uang negara atau uang APBD. Dalam APBD Perubahan 2017, tidak dianggarkan untuk perjalanan ke luar negeri.  Selain  itu, kalau ada anggota DPRD yang pergi, maka itu oknum,”tegasnya.

Ia juga menyayangkan jika kunjungan ke Amerika dilaksanakan, karena saat ini masih banyak masalah yang harus diselesaikan seperti insentif guru honor yang belum dibayarkan.

“Lebih baik urus masalah di daerah ini sampai selesai, daripada pergi ke Amerika. Karena daerah ini lebih penting untuk dipikirkan,”tuturnya.

Sementara Ketua Fraksi Hati Amanat Rakyat DPRD Mimika,  Yohanes Wantik mengatakan, rencana  berangkat ke Amerika pada bulan November mendatang merupakan pemborosan anggaran dan foya-foya.

Kata dia, keadaan daerah yang defisit ini seharusnya mejadi keprihatinan Pemda, bukan sebaliknya. Kepergian ke Amerika dipastikan menghabiskan uang milyaran rupiah. Dan itu uang rakyat. Lebih baik anggaran tersebut untuk pembangunan, karena itu lebih bermanfaat.

“Saya pribadi malu apabila ikut pergi. Bagi saya itu hanya pemborosan. Lebih baik uang itu pembangunan seperti bangun jembatan,” katanya.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *