All for Joomla All for Webmasters

 

Sabtu, 10 Februari 2018 12:03

Ini Penyebab Jaringan Telkomsel Terputus di Enam Kabupaten Indonesia Timur 

Ilustrasi Ilustrasi

TIMIKA | Jaringan Telkomsel di enam kabupaten wilayah Indonesia Timur yakni Timika, Merauke, Nabire, Fakfak, Kaimana dan Tual terputus total sejak Kamis (8/2) pukul 17.50 WIT sore. Layanan data internet, telepon dan massage sama sekali tak dapat diakses. 

 

General Manager PT Telkomsel Wilayah Papua Lonely Baringin mengatakan, gangguan layanan telekomunikasi tersebut disebabkan adanya kerusakan pada jaringan kabel optik Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS). 

 

Jaringan kabel optik bawah laut mengalami gangguan (dimungkinkan terputus) di perairan sekitar 87 kilometer dari Merauke. Gangguan ini bersamaan terjadinya shunt fault power feeding equipment (PFE) di daratan Sorong, Papua Barat. 

 

“Kami sedang berusaha yang terbaik untuk troubleshoot (penanganan gangguan) shunt fault PFE Sorong,” kata Lonely Baringin melalui keterangan pers tertulis pada Kamis (8/2). 

 

Ia mengatakan, pihaknya melakukan upaya pelayanan alternative dengan mengaktifkan satelit secara pararel untuk jalur komunikasi panggilan suara, pesan singat (massage) dan internet meski secara terbatas. 

 

“Jika tidak ada kendala sangat berarti, diharapkan service akan recovery (pemulihan) membutuhkan waktu 2-3 hari ke depan,” jelas Baringin. 

 

Kepala Kantor Daerah Telkom Timika Jangkir Simbiak mengakui pihaknya telah menerima sejumlah complain dari pelanggan atas gangguan layanan tersebut. Pihaknya pun telah memberikan penjelasan terkait adanya gangguan jaringan kabel system yang membutuhkan waktu pemulihan kembali. 

 

“Kami sudah mengecek di beberapa kantor termasuk Pemda Mimika, ticketing, bank-bank dan lainnya untuk menyampaikan kondisi ini. Kami memohon maaf atas ketidak nyamanan ini,” imbuhnya. 

 

Simbiak memastikan proses pemulihan kembali terhadap gangguan jaringan kabel optic di daratan Sorong dapat diselesaikan dalam waktu 2 sampai 3 hari. Jalur komunikasi diharapkan sudah dapat diakses secara normal pada Minggu (11/2). 

 

“Kalau proses perbaikan di Sorong sudah selesai, jaringan untuk beberapa wilayah termasuk Timika sudah bias aktif normal kembali,” katanya. 

 

Pengguna Telkomsel di wilayah Timika baru bisa mengakses jalur komunikasi panggilan suara dan massage pada Jumat (9/2) pagi. Sedangkan sambungan internet yang dialihkan sementara menggunakan satelit masih sangat terbatas. 

 

“Pengguna yang menggunakan jaringan kabel laut otomatis pasti terdampak. Namun beberapa layanan publik seperti bank dan lainnya yang menggunakan satelit masih tetap melakukan pelayanan seperti biasa,” katanya. (rum/SP)