565 Personel Gabungan Amankan Penetapan Calon Bupati dan Wabup Mimika

565 Personel Gabungan Amankan Penetapan Calon Bupati dan Wabup Mimika
Anggota Polres Mimika saat melakukan apel persiapan pengamanan pleno di Eme Neme Yauware

TIMIKA | Guna mengamankan jalannya rapat pleno tahapan verifikasi  pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Mimika, Kamis (15/2) yang rencananya dilaksanakan pukul 10.00 WIT di Gedung Eme Neme Yauware, siap diamankan oleh 575 personil gabungan TNI dan polri.

 

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Mimika, AKBP Indra Hermawan saat dihubungi Kamis pagi.

 

 “Sebanyak 565 personel terdiri dari 300 personel dari Polres Mimika, TNI 200 personel dan Brimob Den B Mimika,”ujarnya.

 

Menurutnya, sesuai dengan tahapan Pilkada serentak di Kabupaten Mimika bahwa hari Kamis tanggal 15 Februari 2018 adalah ferivikasi PPD dan sekaligus keputusan KPUD tentang penetapan pasangan calon Bupati Mimika periode 2018 – 2023.

 

“Untuk pelaksanaan tersebut di pusatkan di gedung Emeneme Yauware Timika sesuai dengan surat pemberitahuan dari KPUD Kabupaten Mimika,”katanya

 

Sehari sebelumnya Kapolres telah melakukan pertemuan dalam rangka pembahasan tentang pengamanan, melibatkan Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Windarto,  Kabag Ops Polres Mimika, Kompol Tony Upuya,  Kasi Ops Kodim Kapten Munir,  Danramil Kota Kapten Heru,  Pasi Ops Brimob Den B Iptu Samsun,  Kasat Intel Akp Banu,  Pasi Intel Kodim  Lettu Inf Gertaim Pakpahan dan  Kasat Lantas Akp Indra Budi W, SIK 

 

Dalam pertemuan itu membahas beberapa poin penting yang harus dilakukan tentang bagaimana tata cara pemgamanan serta cara bertindak.

 

Pada kesempatan itu  Damdim 1710 mengatakan dalam pengamanan ini semua personel TNI dan Polri dilarang menggunakan peluruh tajam dan diwajibkan menggunakan peluruh karet dan hampah. 

 

Kapolres menambahkan bahwa semua tahapan dan pembagian tugas sudah jelas, dan ini sesuai dengan SOP 7(standar operasional) yang ada dan juga Perkap Kapolri No. 16 tahun 2006 tentang pedoman pengendalian massa. 

 

“Untuk teknik pembagian tugas pengamanan di area gedung Emeneme Yauware ploting sudah sesuai dengan denah,  kemudian di luar geduang ada tujuh pos yang perlu di amankan yaitu pos Diana, pos terpadu, pos Timika Mall, pos sp2/sp5, pos Telkomsel, pos PLN dan Pos Bandara. ” Terangnya. (Gil/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *