Jaringan Internet di Timika Kembali Normal, Merauke Masih Perbaikan 

Jaringan Internet di Timika Kembali Normal, Merauke Masih Perbaikan 
Ilustrasi

TIMIKA | Pada Jumat (16/2) sore PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah memulihkan Iayanan telekomunikasi di wilayah Timika, Nabire, dan Kaimana, yang sempat terkena dampak gangguan kabel Iaut jalur Fakfak-Merauke sejak Kamis (8/2) pekan lalu. 

 

“Layanan TelkomGroup untuk wilayah Timika, Nabire dan Kaimana telah kembali normal seperti sediakala menggunakan SMPCS (Sulawesi Maluku Papua Cable System),” kata Arif Prabowo, Vice President Corporate Communication PT Telkom. 

 

Namun demikian, khusus untuk wilayah Merauke pemulihan layanan masih bersifat sementara menggunakan Iink satelit dengan kapasitas terbatas dan terus diupayakan bertambah. 

 

Arif Prabowo menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu proses pemulihan gangguan layanan TelkomGroup di beberapa wilayah Papua dan Papua Barat. 

 

“Terima kasih khususnya kepada pelanggan setia TelkomGroup yang telah mendukung upaya recovery di beberapa wilayah Papua dan Papua Barat hingga kembali normal,” tutur Prabowo. 

 

Ia meminta dukungan agar gangguan jaringan kabel optik di wilayah Merauke cepat teratasi, setelah sebelumnya dilaporkan mengalami gangguan di bawah laut sekitar 87 kilometer dari daratan Merauke.

 

Akibat gangguan tersebut, jaringan internet di beberapa wilayah termasuk Timika ‘sekarat’ selama seminggu. Meski Telkom mengalihkan koneksi jaringan ke satelit, namun kapasitasnya sangat terbatas. 

 

Seluruh layanan dan aktifitas usaha berbasis internet yang memanfaatkan jaringan kabel laut milik Telkom lumpuh total selama seminggu dan mengalami kerugian cukup besar. (rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *