All for Joomla All for Webmasters
Senin, 16 April 2018 08:46

Polda Papua Tangkap KKB Penembak Brimob di Tembagapura

Ilustrasi Ilustrasi

JAYAPURA | Tim Khusus Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Papua menangkap Tandi Kogoya, anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang diduga 0menembak mati Briptu Berry Pramana Putra di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika pada 22 Oktober 2017 lalu.

 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, Tandi Kogoya ditangkap di jalan oleh Timsus yang dipimpin Dirkrimum Polda Papua Kombes Pol Tony Harsono pada Minggu 15 April 2018, di Kampung Margajaya, Distrik Uwapa, Kabupaten Merauke.

 

Kombes Kamal mengemukakan, selain terlibat kasus penembakan yang menewaskan Briptu Berry (anggota Brimob Batalyon B Timika), tersangka Tandi Kogoya yang merupakan anak buah Sabinus Waker juga terlibat dalam tujuh kasus penembakan lainnya di area PT Freeport Indonesia.

 

"Tersangka adalah anak buah Sabinus Waker. Setelah ditangkap, saat ini tersangka TK masih berada di Nabire," kata Kombes Kamal di Jayapura, Senin (16/4). 

    

Ketujuh kasus yang diduga melibatkan tersangka, yakni penembakan mobil ambulans pada 24 Oktober 2017 di Kampung Utikini, penembakan Mapolsek Tembagapura pada 29 Oktober 2017, penembakan mobil operasional PT Freeport pada 3 Nopember 2017. 

 

Kemudian pembakaran dan penembakan kios serta Mapolsek Tembagapura pada 5 Nopember 2017, kasus penembakan mobil operasional milik PT Freeport tanggal 14 dan 16 Nopember 2017, serta penembakan rombongan Kasatgas Amole tanggal 24 Nopember 2017.

    

"Tersangka bergabung dengan KKB yang kemudian melakukan serangkaian aksi penyerangan. Tersangka memegang senjata api laras panjang jenis stayer," ungkap Kamal.

    

Kombes Kamal menambahkan, tersangka Tandi Kogoya juga mengaku melakukan aksinya bersama tiga rekan sesama anggota KKB yakni Nau Waker, Gyspi Waker dan Edinus Aginau.

    

"Kita masih tunggu, kapan tersangka dibawa ke Jayapura untuk diproses lebih lanjut," pungkas Kombes Kamal. 

 

Untuk diketahui, Briptu Berry Pramana Putra gugur setelah tertembak  di sekitar Jembatan Utikini, Distrik Tembagapura, Mimika, saat melakukan pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB), Minggu 22 Oktober 2017. 

 

Briptu Berry tertembak saat pasukan Brimob Batalyon B Timika terlibat kontak tembak dengan KKB pimpinan Sabinus Waker di sekitar Jembatan Utikini. 

 

Selain Briptu Berry, dua anggota Brimob Batalyon B Timika ikut terluka saat terlibat baku tembak dengan kelompok KKB di sekitar Gunung Sangker Kalibua, Kampung Utikini, Distrik Tembagapura pada hari sebelumnya. (Antara/rum/SP)