Blusukan di Timika, Mendikbud Lihat Banyak Coretan di Tembok Sekolah

Blusukan di Timika, Mendikbud Lihat Banyak Coretan di Tembok Sekolah

TIMIKA | Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. Muhadjir Effendy blusukan ke sejumlah sekolah di Timika, Papua, untuk memantau pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP, Senin (23/4). 

 

Mendikbud Effendy tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika dengan maskapai Garuda Indonesia pukul 09.30 WIT, disambut Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang, Sekretaris Daerah Ausilius You dan Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto. 

 

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mengawali blusukan di SMP Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik (YPPK) Santo Bernadus Timika, yang beralamat di Jalan Cenderawasih, Kota Timika.

 

Mendikbud Effendy mengunjungi setiap ruangan sekolah dan menyaksikan para siswa yang sedang melaksanakan ujian. Effendy sambil berbincang-bincang langsung dengan Kepala SMP Bernadus Timika, Saur Simbolon.

 

Menariknya, Effendy bahkan sempat mengabadikan para siswa yang sibuk mengisi lembar jawaban ujian, dengan menggunakan smartphone miliknya. Ia merekam video dan mengambil beberapa foto.

 

Setelah mengunjungi semua ruangan kelas, Effendy tiba-tiba belok ke arah toilet sekolah. Ia berhenti sejenak saat melihat begitu banyak coretan-coretan di dinding sekolah. Tentu saja coretan itu merusak pemandangan dan kerapian sekolah.

 

“Kok banyak coretan, siapa yang coret-coret ini?,” tanya Effendy kepada Kepala Sekolah SMP Bernadus Timika, Saur Simbolon.

 

“Itu dicoret-coret saat kami semua sudah pulang, sekolah sudah kosong. Siapa yang buat? Anak-anak yang ada tinggal di sekitar sekolah ini pak,” kata Saur Simbolon menjawab pertanyaan Mendikbud Effendy.

 

Setelah melihat kondisi sekolah tersebut, Mendikbud Effendy berjanji akan memberi dukungan untuk pembangunan fasilitas yang dibutuhkan. “Nanti ajukan surat ke Kemendikbud ya,” ujar Effendy kepada Saur Simbolon. 

 

Mendikbud Muhadjir Effendy selanjutnya mengunjungi beberapa sekolah lainnya di Timika, diantaranya SMP Negeri 3 di Kelurahan Karang Senang dan Sentra Pendidikan di Jalan SP 5, Kampung Limau Asri. 

 

Effendy juga akan mengunjungi salah satu sekolah rujukan, yakni SMP Negeri 2 Mimika yang beralamat di Jalan Budi Utomo, Kota Timika, serta beberapa sekolah lainnya dengan menyesuaikan waktu kunjungan kerja Mendikbud. 

 

Selain itu, Effendy dijadwalkan akan bertemu langsung dengan para guru korban kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Lembah Arwanop, Distrik Tembagapura yang kini telah dievakuasi ke Kota Timika. (rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *