100 Brimob Papua Barat Dikirim ke Papua

100 Brimob Papua Barat Dikirim ke Papua
Ilustrasi

MANOKWARI | Satuan Brimob Polda Papua Barat siap mengirim 100 personel ke Papua untuk membantu pengaman Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di provinsi tersebut.

 

Kepala Satuan Brimob Polda Papua Barat, Kombes Pol Godhelp Cornelis Mansnembra mengatakan, 100 personel ini berasal dari Detasemen A Manokwari dan Detasemen B Sorong. Masing-masing menyiapkan 50 personel.

 

Ia menyebutkan, mereka telah mengikuti serangkaian latihan dan segera diberangkatkan sebagai personil Bawah Kendali Operasi (BKO) yang akan membantu pengamanan Pilkada Papua.

 

“Pemberangkatan ke lokasi tugas menunggu koordinasi dari Polda Papua. Belum ditentukan dimana saja lokasi penugasan mereka,” kata dia di Manokwari, Jumat (11/5).

 

Berkaca dari penugasan BKO sebelumnya, lanjutnya, minimal dua minggu sebelum pemungutan suara Pilkada, personel pengamanan sudah digeser ke lokasi penugasan. “Yang pasti personel kita sudah siapkan melaksanakan tugas,” tuturnya.

 

Menurut dia, bila terjadi peningkatan pengamanan akan ada tambahan personel, namun pergeseran akan diambil dari personel Brimob luar Papua.

 

Dia menambahkan, jumlah personel Polda Papua Barat saat ini sebanyak 522. Jauh lebih sedikit dibanding Sat Brimob Polda Papua atau daerah lain. Dia menghendaki ada penambahan personel namun disadari juga penerimaan anggota polisi baru terbatas disesuaikan dengan anggaran negara.

 

“kalau soal penambahan kita sudah rencanakan. Namun kita lihat sendiri juga penerimaan anggota polisi juga kurang. Walaupun personel masih sedikit tetapi personel yang ada siap diturunkan. Mereka sudah dibekali dengan kemampuan, keterampilan yang lebih khusus,” tandasnya.

 

Setiap personel Brimob dalam melaksanakan tugas pengamanan, lanjut Mansnembra juga selalu diingatkan tidak membuat tindakan yang berdampak besar. “Kalau rakyat sudah percaya saya pikir tidak ada masalah,”ujarnya lagi. (Antara/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *