Panglima TNI Tiba di Timika Pantau Latihan PPRC 2018 

Panglima TNI Tiba di Timika Pantau Latihan PPRC 2018 
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama rombongan disambut tarian Papua di Bandara Mozes Kilangin Timika

 

TIMIKA | Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua, Jumat (11/5). Kedatangan Panglima untuk memantau pelaksanaan latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI tahun 2018 pada Sabtu (12/5) besok.

 

Panglima TNI tiba dengan pesawat Boeing 737/500 milik TNI AU bersama rombongan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono. 

 

Kedatangan Panglima TNI dan seluruh pimpinan TNI tiga unsur (AD, AU dan AL) beserta rombongan Mabes TNI dari Jakarta, disambut para pejabat TNI/Polri dan pemerintah daerah Mimika, diiringi dengan tarian tradisional Papua.

 

Panglima TNI akan menyaksikan langsung latihan PPRC TNI 2018 di tiga wilayah sekaligus yakni di Morotai (Maluku Utara), Pulau Selaru (Maluku Tenggara Barat) dan Timika (Papua) lewat video conference di bandara baru milik Pemkab Mimika. 

 

Komandan Satuan Tugas Penerangan (Satgaspen) PPRC TNI 2018, Kolonel Arm Edwin Habel mengatakan, tema yang diangkat dalam latihan PPRC TNI tahun 2018 adalah ‘menghancurkan kekuatan musuh di pulau Selaru, Timika dan Morotai dalam rangka menegakkan kedaulatan wilayah nasional’. 

     

Latihan PPRC TNI ini melibatkan 8.018 prajurit terdiri dari pelaku latihan 6.398  pasukan khusus gabungan tiga matra TNI (AD, AU, AL) serta 1.620 prajurit sebagai penyelenggara atau pendukung berjalannya kegiatan tersebut. 

     

Sedangkan alutsista yang dilibatkan antara lain dari unsur darat adalah Mortir-81, Hely Bell-412, Hely MI-17, Hely Fennec. Unsur laut, KRI klas Parchim, KRI LPD, KRI klas LST, KRI klas Sigma, KRI Klas BCM,Hely Bell, BVP-2, 8 LVTP-7, 17 BMP-3F, Kapa K-60, Howitzer 105 MM, BTR-50P. Dari Unsur Udara melibatkan pesawat tempur F-16, EMB-314 Tucano, CN-295, 130, B-737, Hely NAS-332/ES-725. 

      

Rombongan Panglima TNI akan menyaksikan review pelaksanaan free fall (terjun bebas) misi pengendali tempur oleh Kelompok Depan Operasi Linud (KDOL) di bandara baru Timika dan pendaratan khusus (Ratsus) Satuan Tugas Laut (Satgasla) di Poumako. (rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *