Inalum Bayar Saham Freeport Rp 55 Triliun

Inalum Bayar Saham Freeport Rp 55 Triliun
CEO Freeport McMoran Richard Adkerson menandatangani Kesepakat Pokok dengan PT Inalum terkait dengan peralihan saham yang disaksikan oleh sejumlah menteri

TIMIKA |  Akhirnya Pemerintah Indonesia melalui PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum menguasai 51 persen saham Freeport McMoRan Inc (FCX) setelah dilakukan penandatangan antara pokok-pokok perjanjian (Head of Agreement) di Jakarta,  Kamis (11/7).

 

Penandatanganan antara  tiga holding indutri pertambangan,  yakni Freeport,  Inalum dan Rio Tinto ini terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke INALUM.

 

Kepemilikan Inalum di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51 persen dari semula 9,36 persen. 

 

Pokok-pokok perjanjian ini selaras dengan kesepakatan pada tanggal 12 Januari 2018 antara Pemerintah Indonesia, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kabupaten Mimika, dimana pemerintah daerah akan mendapatkan saham sebesar 10 persen dari kepemilikan saham PTFI. 

 

Seperti yang termuat funpage Facebook, Menteri Sri Mulyani disebutkan,  dalam perjanjian tersebut, Inalum akan mengeluarkan dana sebesar US$3,85 miliar atau Rp 55 triliun untuk membeli hak partisipasi Rio Tinto di PTFI dan 100 persen saham FCX di PT Indocopper Investama, yang memiliki 9,36 persen saham di PTFI. Para pihak akan menyelesaikan perjanjian jual beli ini sebelum akhir tahun 2018.

 

Juga disebutkan,  pemerintah berkomitmen untuk menjaga iklim investasi yang kondusif untuk memberikan kepastian kepada investor yang berinvestasi di Indonesia.

 

Dengan ditandatanganinya pokok-pokok perjanjian ini, kerjasama FCX dan Inalum diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan nilai tambah industri ekstraktif ke depan serta memberi nilai kemakmuran bagi masyarakat Indonesia.(azk/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *