1 Tahun Bertugas di Papua, Danrem 172/PWY Lepas Pemulangan Satgas Organik

Upacara pelepasan pemulangan 900 personel Yonif MK 412/BES dan Yonif RK 114/SM di Makodim 1710/Mimika, Papua Tengah, Senin (4/7/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Upacara pelepasan pemulangan 900 personel Yonif MK 412/BES dan Yonif RK 114/SM di Makodim 1710/Mimika, Papua Tengah, Senin (4/7/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Komandan Korem (Danrem) 172/PWY, Brigjen TNI Juinta Omboh Sembiring melepas pemulangan 450 prajurit Yonif MK 412/BES dan 450 prajurit Yonif RK 114/SM yang mengakhiri tugas di Tanah Papua selama 1 tahun belakangan dan tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Organik, Senin (4/7/2022).

Upacara pelepasan berlangsung di Makodim 1710/Mimika, jalan Agimuga – Mile 32, Mimika, Papua Tengah yang dihadiri seluruh Komandan Satuan TNI-Polri yang ada di Kabupaten Mimika.

Sebanyak 900 prajurit dari batalyon infanteri ini, di kembalikan ke home base masing-masing menggunakan KRI dari TNI AL.

Sebelumnya prajurit TNI ini tiba di Papua pada bulan Juni 2021 dan menjalankan tugas untuk merebut hati masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan baik di Kabupaten Lanny Jaya maupun Nduga.

Danrem J.O Sembiring dalam upacara pelepasan itu menyampaikan amanat dan pesan Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Ia mengatakan, penugasan yang telah dilaksanakan oleh prajurit Yonif 412/BES dan Yonif 114/SM di tanah Papua, merupakan bagian dari pengabdian kepada Bangsa dan Negara, yangmana menurutnya tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan ini.

“Kalian patut bersyukur dan bangga atas amanah yang telah dipercayakan, karena telah mengimplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI, serta mampu berinteraksi langsung dengan masyarakat,” katanya.

“Semua itu dilakukan untuk merebut simpati dan hati rakyat dalam mewujudkan stabilitas keamanan di wilayah Papua,” imbuhnya.

Meski Pangdam tak sempat hadir dan melepas langsung kepulangan 900 prajurit Yonif 412/BES dan Yonif 114/SM, Ia menitip pesan ucapan terima kasih kepada para komandan dari kedua Yonif atas keterlibatan secara langsung dalam mewujudkan stabilitas keamanan di Papua.

Pangdam pun berpesan kepada prajurit Yonif yang akan pulang agar dapat mengimplementasikan hal baik yang dilakukan di Papua dalam penugasan di daerah-daerah lainnya.

“Jadikan pengalaman tugas untuk menambah motivasi dan memperbaiki diri guna menghadapi tugas-tugas di masa mendatang,” pesan Pangdam.

Usai upacara pelepasan, Danrem 172/PWY tidak lupa memberikan penghargaan dari Kodam XVII/Cenderawasih dan Korem 172/PWY.

 

reporter : Arifin, Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.