10 Calon Jamaah Haji Asal Asmat Diberangkatkan ke Tanah Suci

Bupati Asmat Elisa Kambu memberikan arahan kepada CJH. (Foto: Fagi/ Seputarpapua)
Bupati Asmat Elisa Kambu memberikan arahan kepada CJH. (Foto: Fagi/ Seputarpapua)

ASMAT |10 Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Asmat, Papua akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah dalam waktu dekat.

Hal ini ditandai dengan pembukaan pelepasan CJH yang dihadiri Bupati Asmat Elisa Kambu dan Kepala Kemenag Asmat Yohanes Nahak, di Masjid Saiful Buchori Agats, Senin (13/6/2022).

Selain dilaksanakan pelepasan CJH, kegiatan juga dirangkai dengan Halal Bihalal 1443 H / 2022 M.

“Selamat dan sukses kepada 10 calon jamaah haji di Kabupaten Asmat  yang mendapat giliran untuk berangkat ke tanah suci Mekkah,” kata Bupati Elisa Kambu.

Menurut Elisa, walaupun masih ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, namun patut bersyukur umat muslim telah kembali mununaikan ibadah haji.

“Semoga ibadah yang dilaksanakan menjadi berkah untuk diri mereka dan umat setempat,” ujar Elisa.

Elisa berpesan kepada CJH dari Asmat agar saling menjaga ketika sudaj sampai di Tanah Suci.

“Saling menjaga, saling membantu antar sesama jika sudah sampai di Tanah Suci Mekah,” pesan Elisa.

Orang Nomor Satu di Tanah Asmat ini menambahkan pula, Pemda Asmat mendukung penuh kegiatan keagamaan yang dilaksanakan seluruh umat beragama.

“Kita bersyukur Asmat ini beragam, semua agama ada di sini, dan Pemda mendukung seluruh aktivitas keagamaan yang dilaksanakan,” tutur Elisa.

Kepala Kemenag Asmat Yohanes Nahak mengatakan, CJH di Asmat masa menunggunya selama 10 tahun semenjak pendaftaran awal pada periode April sampai dengan Juni 2012.

Sedangkan berdasarkan sistem komputerisasi atau Siskohat untuk wilayah Papua, Yohanes mengakui, waktu menunggu untuk Papua adalah 23 tahun.

Akan tetapi, atas adanya kebijakan pemberangkatan CJH Kabupaten Asmat kali ini termasuk yang tercepat.

“Karena calon jamaah haji di Asmat masa menunggunya hanya selama 10 tahun semenjak pendaftaran awal pada periode April sampai dengan Juni 2012,” jelas Yohanes.

Perlu diketahui, CJH Kabupaten Asmat dalam waktu dekat akan diberangkatkan dari Asmat menuju Kabupaten Mimika, dan melanjutkan perjalanan ke Makassar.

Setelah itu akan dilepas oleh pemerintah terkait untuk melanjutkan rute perjalanan ke Kota Suci Mekkah.

Hadir dalam pelepasan CJH, yakni Ketua MUI Asmat Nazaruddin Idris, Ketua LPTQ Asmat Syamsul, Anggota DPRD Asmat H. Hairullah Bausad dan, jajaran TNI – Polri, dan undangan terkait lainya.

reporter : Faqi Difinubun
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.