10 Korban Selamat Kapal Tenggelam Belum Dievakuasi ke Merauke

Ilustrasi
Ilustrasi

MERAUKE | Sepuluh anak buah kapal (ABK) KM Setia Makmur 06 berhasil dievakuasi dan dirawat oleh awak KM Sinar Mas 01.

KM Sinar Mas 01 salah satu kapal nelayan yang ikut melakukan pencarian terhadap korban kapal Setia Makmur 06 yang tenggelam di perairan Arafura, Kabupaten Merauke, Papua.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Merauke, Supriyanto Ridwan menyatakan, pihaknya berhasil berkomunikasi dengan awak kapal Sinar Mas 01 pada Senin (4/7/2022) pada pukul 16.30 WP atau di hari ketiga operasi pencarian terhadap ABK KM Setia Makmur.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kabupaten Merauke memperoleh informasi dari KM Sinar Mas 01 bahwa beberapa korban selamat kapal nelayan Setia Makmur 06 mengalami cedera ringan. Namun masih dapat diatasi dan diobati oleh awak kapal Sinar Mas.

“KM Sinar Mas 01 saat ini masih berada di sekitar lokasi kejadian, ikut melakukan pencarian. Sehingga 10 korban ini belum dievakuasi ke Merauke. Kita peroleh informasi bahwa ada beberapa korban yang alami luka ringan, tapi sudah diobati,” kata Ridwan di Merauke, sore tadi.

Ridwan menerangkan, kapal Setia Makmur 06 dilaporkan tenggelam di perairan Arafura pada Sabtu (2/7/2022) dini hari sekitar jam 01.00 WP. Dalam peristiwa tersebut 10 anak buah kapal berhasil diselamatkan, sedangkan 15 orang lagi dinyatakan hilang.

“KM Setia Makmur dilaporkan tenggelam pada koordinat 08°.28’.00’’ S – 136°.35’.00’’ E atau berjarak 426 km kearah barat dari dermaga Merauke. Kapal pemancing cumi ini bertolak dari Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku pada 24 Juni 2022 ke perairan Arafura,” ungkapnya.

Berikut identitas 10 korban selamat, yakni Rusli, Dedi Riyanto, Subekhi, Agus Priyono, Diroh, Dian Andreansyah, Vq Mubarok, Jaeni, Ali Sodikin dan Hanif Setiawan. Sementara 15 ABK lagi masih dalam pencarian tim gabungan SAR.

reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.