10 Korban Selamat KM Setia Makmur Dievakuasi ke Dobo

Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke sedang berkoordinasi. (Foto: Humas SAR Merauke)
Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke sedang berkoordinasi. (Foto: Humas SAR Merauke)

MERAUKE | Sepuluh korban selamat dari peristiwa tenggelamnya KM Setia Makmur 06 pada pekan lalu dievakuasi ke Dobo,  Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku pada Selasa (5/7/2022), karena kondisi cuaca buruk di perairan Arafura, Kabupaten Merauke, Papua.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Merauke, Supriyanto Ridwan, mengatakan 10 anak buah kapal KM Setia Makmur tersebut dievakuasi KM Sinar Mas 01, dan diperkirakan kapal evakuasi ini akan tiba di Dobo pada Rabu, 6 Juli 2022.

Ridwan menjelaskan bahwa KM Sinar Mas 01 yang menampung 10 korban selamat dan ikut melakukan pencarian 15 korban hilang, terpaksa harus meninggalkan perairan Arafura, karena cuaca sangat buruk di sana.

“KM Sinar Mas 01 sulit bertahan di lokasi kejadian, karena cuaca buruk. Berdasarkan pemantauan BMKG, curah hujan di perairan Arafura cukup tinggi. Selain itu, gelombang berkisar 2,5 meter hingga 4 meter. Kecepatan angin mencapai 35 knot,” kata Ridwan, malam tadi.

Ia menerangkan, operasi pencarian 15 anak buah KM Setia Makmur yang hilang masuk hari keempat. Operasi ini melibatkan tiga kapal nelayan, satu kapal perang milik TNI Angkatan Laut. Area pencarian pun telah diperluas menjadi 2.830 NM2, dari sebelumnya 1.888 NM2.

“KRI Teluk Wondama-527 dari Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat telah tiba di lokasi kejadian, dan langsung bergabung dengan tim melakukan penyisiran di area yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Pencarian 15 korban hilang pada hari keempat operasi SAR pada 5 Juli 2022  belum membuahkan hasil. Pencarian akan dilanjutkan kembali pada Rabu (6/7/2022).

“Hingga pukul 18.00 wit pencarian di lokasi belum membuahkan hasil. Mengingat jarak pandang sangat terbatas, maka operasi SAR hari ini dihentikan sementara untuk dilanjutkan esok hari,” imbuhnya.

Untuk diketahui, KM Setia Makmur 06 dilaporkan tenggelam di perairan Arafura pada Sabtu (2/7/2022) dini hari sekitar jam 01.00 WP. Dalam peristiwa tersebut 10 anak buah kapal berhasil diselamatkan, sedangkan 15 orang lagi dinyatakan hilang.

KM Setia Makmur dilaporkan tenggelam pada koordinat 08°.28’.00’’ S – 136°.35’.00’’ E atau berjarak 426 km ke arah barat dari dermaga Merauke. Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab musibah kapal tersebut.

reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.