100 Hari Kerja, Michael Gomar Buat Terobosan di Kabupaten Mappi (2)

Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar didampingi istri saat tiba di Mappi.
Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar didampingi istri saat tiba di Mappi.

Terobosan demi terobosan terus dilakukan Penjabat Bupati Mappi Michael Ronny Gomar, S.STP., M.Si dalam 100 hari kerjanya sejak dilantik Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, pada 27 Mei 2022.

Melakukan perubahan internal dan program kepentingan masyarakat dinilai sudah sesuai dengan semangat sebagai seorang pimpinan demi menjadikan Kabupaten Mappi berkembang.

Dengan Moto Mappi Bangkit, satu persatu mulai dibenahi Michael Gomar.

Berbagai kalangan pun menilai, kehadiran Michael Gomar membawa perubahan bagi Kabupaten Mappi.

Sediakan Bus Bagi Pelajar dan Pedagang

Perwira Penghubung Kodim 1707 Merauke di Kepi, Mayor Czi Stevy G.Titiheru mengaku, meski dirinya baru ditugaskan di Kabupaten Mappi, namun ketika melihat ada beberapa kegiatan yang dilakukan Pejabat Bupati Michael Gomar sangat baik.

Seperti menyediakan bus sekolah untuk siswa-siswi dan untuk mama-mama yang berjualan di pasar. Hal ini sangat membantu sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi.

“Kami selaku Forkompimda di Kabupaten Mappi melihat hal ini sangat luar biasa,” kata Mayor Stevy.

Program Bagi Masyarakat

Anggota DPRD Kabupaten Mappi Kristina Lebani mengapresiasi langkah Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar dalam kurang lebih 100 hari bekerja.

Mengevaluasi penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dilakukan Gomar agar program dari anggaran tersebut tepat sasaran untuk masyarakat.

Pembangunan Infrastruktur, pengembangan ekonomi masyarakat lokal dan program ptudi keluar negeri, juga menjadi program Gomar agar Kabupaten Mappi terus berkembang.

“Teruslah melakukan perubahan,” kata Kristina.

Kristina mengajak semua masyarakat terus bergandeng tangan membangun Kabupaten Mappi.

“Kalau kita bersatu saya rasa kita bisa bersaing dengan daerah daerah luar sana. Terimakasih pak PJ yang bapak berikan selama ini untuk anak – anak sekolah dalam 100 hari belakangan ini,” pungkas Kristina.

Karya Nyata Terlihat

Sebagai Ketua LMA Kabupaten Mappi, Valentinus Yabak mengapresiasi langkah yang diambil Penjabat Bupati Michael Gomar, beserta arah kebijakan pembangunan.

Dari kacamata lembaga adat, Valentinus melihat kinerja Gomar dalam 100 hari kerja sangat luarbiasa.

“Dalam waktu tiga bulan beliau sudah membuat terobosan baik di masyarakat maupun di lingkup pemerintahan itu sendiri,” ujar Valentinus.

Valentinus tidak menampik kinerja Gomar yang membuat perubahan. Masyarakat maupun LMA, cendikiawan Kabupaten Mappi dan ASN bisa melihat kinerja Gomar sangat berbeda.

“Banyak masyarakat menyampikam bahwa inilah seorang pejabat bupati yang melaksanan karya nyata berdasarkan sistem pemerintahan yang sebenarnya,” tutur Valentinus.

Valentinus berharap, kedepannya Gomar dapat melihat generasi muda dan potensi yang ada di Mappi. Termasuk, mempercepat proses ASN dalam mengejar karier yang tentunya sesuai dengan mekanisme yang ada.

Dalam tiga bulan ini, kata Valentinus, penataan dasar pembangunan sudah mulai terlihat.

“Arah kebijakan dalam waktu tiga bulan ini khusus dalam masa transisi di mana khas daerah yang sangat minim, namun beliau mampu membuat terobosan dengan karya nyata,” ujar Valentinus.

Melalui forum terbuka yang dibuat Gomar, Valentinus tidak menampik sudah ada beberapa item yang diakomodir dalam APBD perubahan. Sehingga secara langsung masyarakat bisa melihat arah kebijakan yang sangat transparan.

“Sehingga kedepan beliau tidak diragukan oleh kami sebagai tokoh dan masyarakat Mappi pada umumnya. Harapan kami agar bapak penjabat bupati terus berkarya untuk membangun Kabupaten Mappi tercinta ini,” pungkas Valentinus.

(Bersambung)

Tanggapi Berita ini
reporter : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.