1000 Pelaku Usaha dan UMKM Asli Papua di Mappi Dapat Bantuan Stimulan

Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar menyalurkan bantuan stimulan kepada pelaku usahan dan UMKM asli Papua. (Foto: Ist)
Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar menyalurkan bantuan stimulan kepada pelaku usahan dan UMKM asli Papua. (Foto: Ist)

MAPPI | Pemerintah Kabupaten Mappi, Papua Selatan, menyalurkan bantuan stimulan kepada 1000 pelaku usaha dan UMKM mama-mama Papua, Sabtu (3/12/2022).

Bantuan stimulan UMKM diberikan guna meningkatkan roda perekonomian masyarakat, khususnya bagi pelaku usaha dan UMKM.

Setiap penerima manfaat mendapatkan Rp500 ribu yang ditransfer ke masing-masing buku rekening yang sudah dibagikan.

Selain itu, Pemkab Mappi juga memberikan bantuan tenda jualan untuk 100 mama-mama Papua.

Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar mengatakan, penyerahan bantuan stimulan untuk membantu perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pelaku usaha dan UMKM mama-mama Papua

Selain itu, hal ini juga dapat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Mappi.

Bantuan tersebut dialokasikan dari APBD perubahan tahun 2022.

“Kita punya impian, kita punya harapan agar Kabupaten Mappi ini harus terus berkembang,” ujar Gomar sapaan karib Plt Bupati Mappi.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah dan OPD teknis tidak mungkin bekerja sendiri tanpa bantuan dan kerjasama serta bantuan dari masyarakat, secara khusus dari mama-mama yang selama ini telah membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mappi.

Bantuan stimulan kepada pelaku usaha dan UMKM ini diharapkan dapat digunakan dengan baik dan terus berputar dalam rangka meningkatkan usaha kecil menengah, usaha kecil mikro dalam rangka pelaksanaan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami bersyukur pada hari ini 1000 orang mama-mama Papua yang tersebar di 15 Distrik mendapatkan bantuan stimulan, yang mana untuk proses penyalurannya dana akan di transfers melalui rekening setiap penerima manfaat,” tutur Gomar.

Gomar juga berharap dukungan dari BUMN, BUMD berupa program yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dukungan program ini sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Kabupaten Mappi.

Gomar pun berharap usaha dari mama -mama  semua bisa terus berkembang dan bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga dengan baik, apabila usaha juga terus meningkat maka secara otomatis membuka peluang kerja bagi masyarakat yang lainnya.

“Kita berharap ini menjadi contoh bagi anak-anak muda di Kabupaten Mappi untuk menjadi wirausaha,” ujar Gomar.

Gomar menambahkan, kedepannya, OPD teknis akan terus  mendampingi pelaku usaha dan UMKM dalam mengembangkan usaha.

“Kami berharap tahun depan program ini masih akan berkelanjutan dengan sumber dana dari dana Otsus. Secara bertahap kita juga akan mengakomodir mama-mama yang belum menerima manfaat dana stimulan di tahun ini,” pungkas Gomar.

 

Tanggapi Berita ini
editor : Aditra
sumber : Pemkab Mappi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.