Ekspor Freeport Pengaruhi Penerimaan Bea Cukai Amamapare

Ekspor Freeport Pengaruhi Penerimaan Bea Cukai Amamapare
PENGAWASAN | Pegawai KPPBC TMP Amamapare Timika saat melakukan pengawasan ekspor-impor di area PT Freeport Indonesia. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Menutup tahun 2019, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Amamapare, Timika, menyumbang penerimaan negara dari sektor pungutan bea masuk sebesar Rp170.835.885.000 dan bea keluar sebesar  Rp1.156.842.924.000.

Sehingga total penerimaan negara yang berhasil dikumpulkan oleh Bea Cukai Amamapare dari sektor bea masuk dan bea keluar sepanjang tahun 2019 sebesar  Rp1.327.916.772.000.

"Secara persentase bea cukai amamapare mencapai realisasi sebesar 69,14 persen, dari target yang telah ditentukan dengan total target bea masuk sejumlah Rp191.445.735.185 dan bea keluar Rp1.729.260.702.827," jelas Kepala  I Made Aryana melalui release yang diterima seputarpapua.com, Kamis (2/1).

Kata dia, 2019 menjadi tahun yang sulit bagi Bea Cukai Amamapare untuk mencapai target penerimaan  bea keluar yang telah ditetapkan. 

Hal ini disebabkan karena adanya penurunan aktivitas ekspor konsentrat PT. Freeport Indonesia (PTFI), yang merupakan salah satu penyumbang penerimaan bea keluar terbesar di wilayah kerja Bea Cukai Amamapare. 

"Penurunan aktivitas ekspor PTFIi disebabkan karena adanya proses transisi dari tambang terbuka ke tambang bawah tanah. Sehingga menyebabkan terjadinya penurunan produksi konsentrat tembaga yang cukup signifikan pada tahun 2019," terangnya.

Meskipun demikian, Bea Cukai Amamapare telah berusaha untuk meningkatkan pengawasan maupun pelayanan. 

Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi peningkatan pengawasan melalui kegiatan Pengawakan Kapal Patroli BC 1510, yang dilakukan bersama dengan PSO tipe B Sorong.

"Selain itu, melakukan peningkatan pelayanan melalui kegiatan Jemput Bola Kepuasan Pengguna Jasa kepada para eksportir non-tambang, serta kegiatan-kegiatan lain," ungkapnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Misba

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *