Perbaikan Kabel Optik Kurangi Kecepatan Akses Internet di Timika

Perbaikan Kabel Optik Kurangi Kecepatan Akses Internet di Timika
Ilustrasi (Foto: Dok SP)

TIMIKA | Perbaikan kabel laut serat optik Sulawesi Maluku Papua Cabel System (SMPCS) ruas Sorong – Fakfak – Kaimana- Timika – Merauke akan mempengaruhi jaringan data Telkomsel di Timika. 

General Manager PT Telkom Witel Papua, Sugeng Widodo mengatakan, jaringan data Telkomsel tidak secepat biasanya karena adanya penurunan bandwidth atau kecepatan transfer data. 

"Khusus untuk di Timika kita sudah back up lewat satelit dan palapa ring, tetapi tetap saja akan mempengaruhi jaringan data Telkomsel apalagi pada waktu traffik padat, kecepatannya jelas akan menurun," jelas Sugeng saat dikonfirmasi seputarpapua.com dari Timika, Sabtu (4/1) malam. 

Sugeng menjelaskan, perbaikan ini disebabkan terputusnya catuan (penyambung) kebel optik bawah laut antara Sorong – Fakfak sehingga powernya harus dimatikan untuk kemudian diperbaiki. 

Proses perbaikan ini diperkirakan memakan waktu empat hari mulai dari tanggal 5 – 8 Januari 2020. Dimana, kabel yang terletak di dasar laut dengan kedalaman 200 meter diangkat dengan menggunakan alat khusus kemudian diperbaiki di atas kapal. 

"Sebenarnya bisa saja digunakan, tapi kami takut apabila tidak segera diperbaiki akan berdampak lebih parah. Untuk itu, jauh hari telah kami persiapkan untuk segera diperbaiki," jelas Sugeng. 

Selain jaringan data Telkomsel, PT Telkom memastikan akses internet melalui IndiHome akan benar-benar terputus selama waktu perbaikan. Tidak hanya pada rentang waktu 5 – 8 Januari, tetapi juga pada 12 – 14 Januari 2020.

Wilayah paling terdampak akibat kondisi ini adalah Kabupaten Kaimana, Papua Barat dan Merauke, Provinsi Papua. Di dua daerah ini akses internet melalui jaringan data Telkomsel dan IndiHome off. 

Reporter: Batt
Editor: Misba

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *