Jaringan Internet di Kaimana dan Merauke akan Mati Total

Jaringan Internet di Kaimana dan Merauke akan Mati Total
Ilustrasi

TIMIKA | General Manager PT Telkom Witel Papua, Sugeng Widodo memastikan jaringan internet di wilayah Kaimana, Provinsi Papua Barat dan Merauke Provinsi Papua akan Off atau mati total.

PT Telkom memastikan akses internet melalui IndiHome dan jaringan data Telkomsel akan benar-benar terputus selama waktu perbaikan pada rentang waktu 5 – 8 Januari, tetapi juga pada 12 – 14 Januari 2020.

Off-nya jaringan data internet dan indohome akibat perbaikan kabel laut serat optik Sulawesi Maluku Papua Cabel System (SMPCS) ruas Sorong – Fakfak – Kaimana- Timika – Merauke.

Sementara untuk Timika, kata Sugeng kepada seputarpapua.com, Sabtu (4/1), jaringan data Telkomsel tidak secepat biasanya karena adanya penurunan bandwidth atau kecepatan transfer data. 

"Khusus untuk di Timika kita sudah back up lewat satelit dan palapa ring, tetapi tetap saja akan mempengaruhi jaringan data Telkomsel apalagi pada waktu traffik padat, kecepatannya jelas akan menurun," jelas Sugeng.

Sugeng menjelaskan, perbaikan ini disebabkan terputusnya catuan (penyambung) kebel optik bawah laut antara Sorong – Fakfak sehingga powernya harus dimatikan untuk kemudian diperbaiki. 

"Sebenarnya bisa saja digunakan, tapi kami takut apabila tidak segera diperbaiki akan berdampak lebih parah. Untuk itu, jauh hari telah kami persiapkan untuk segera diperbaiki," jelas Sugeng. 

Reporter: Batt
Editor: Misba

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar