00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Ini Syarat Honorer Pemda Mimika Mendapatkan SK Bupati

Ini Syarat Honorer Pemda Mimika Mendapatkan SK Bupati
Pj. Sekda Mimika Marthen Paiding. Foto: Hadija Laisouw/SP

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua, tengah berbenah secara keseluruhan pegawai honorer yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pimpinan OPD, terutama di tahun 2019.

"Kami sudah mengevaluasi yang nantinya akan diberhentikan honorer yang diangkat tahun 2019, dan yang malas kerja. Buat apa kita menggaji orang yang malas bahkan tidak kerja," ungkap Pj Sekda Mimika Marthen Paiding yang ditemui diruang kerjanya, Selasa (7/12).

Ia juga menjelaskan bahwa pengangkatan honorer dengan SK Kolektif (SK Bupati) ini berdasarkan penilaian kedisiplinan kerja serta kehadiran dengan melibatkan inspektorat sebagai OPD tekhnis yang telah melakukan evaluasi validasi terhadap honorer yang diajukan masing-masing OPD.

"Jadi setelah Inspektorat turun eveluasi ke masing-masing OPD yang telah mengusulkan, ternyata ada beberapa dari yang diusulkan  sudah tidak aktif sehingga mereka itulah yang kita keluarkan," jelasnya.

Selain itu kata Sekda ada beberapa honorer juga yang ternyata sudah memiliki pekerjaan yang layak diluar Pemda Mimika sehingga mereka itu juga yang harus berhenti.

"Kan kalau sudah memiliki pekerjaan yang layak diluar Pemda buat apa lagi honor tapi malas masuk bahkan tidak pernah berkantor," katanya.

Sebab yang menjadi syarat prioritas penilaian dalam SK Bupati adalah kehadiran honorer, juga honorer yang sudah bekerja sebelum tahun 2019, karena honorer yang diangkat Tajun 2019 sudah tidak masuk dalam penganggaran.

"Selama ini kan sudah dilarang pengangkatan honorer namun honorer yang tahun sebelumnya ini kan diangkat oleh pimpinan OPD, sekarang itu sudah tidak lagi berlaku karena bukan menjadi tanggung jawabnya OPD sebab bebannya itu ke APBD," tambah Marthen.
 
"Pimpinan OPD tidak memiliki hak untuk mengangkat ataupun memberhentikan honorer," pungkas Marthen.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Misba

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar