00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

15 Siswa Asal Jogja Kabur dari Kapal, Pihak Sekolah dan Disdik akan ke Timika

15 Siswa Asal Jogja Kabur dari Kapal, Pihak Sekolah dan Disdik akan ke Timika
Para siswa yang kabur dari kapal diamankan di Sekretariat KKJB. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Penasehat Hukum Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB) Timika, Teguh Sukma mengatakan, pihak SMK 1 Temon, Kulon Progo, Dinas Pendidikan Kulon Progo dan perwakilan perusahaan dalam waktu dekat akan datang ke Timika. 

Mereka mengecek kondisi sebenarnya atas perlakuan yang tak manusiawi yang diduga dilakukan ABK KM Rafindo Jaya 01 dan Veru Ardhana 2 terhadap 15 siswa yang melaksanakan praktek kerja lapangan di kapal tersebut. 

"Jadi nanti kita akan duduk bersama untuk mediasi mencari solusi bagaimana untuk kepulangan anak-anak ini," katanya saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Jumat (10/1).

Teguh mengatakan, hingga hari ini belum ada pengurus dari kapal yang datang untuk membicarakan hal ini.

iklan_lokal_dalam_berita

"Ini yang kita tunggu bagaimana sikap kooperatif dan itikad baik dari pihak kapal. Hanya yang datang itu nahkoda dan beberapa ABK saja. Kalau perwakilan perusahaan belum ada," ujarnya.

Ia mengaku, hari ini juga akan melakukan pendampingan kepada 15 siswa tersebut untuk membuatkan laporan polisi ke Polres Mimika.

"Untuk mediasi itu tetap kita tunggu pihak-pihak dari Jogja yang akan datang. Akan lebih efektif kalau semua ada," kata Teguh.

Sebelumnya, sebanyak 15 siswa kelas XI dari SMK 1 Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di KM Rafindo Jaya 01 dan Veru Ardhana 2 terpaksa kabur dari kapal karena diperlakukan tidak manusiawi.

Mereka kabur saat kapal sandar di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Poumako, TImika,  Papua pada Selasa (7/1) lalu. Saat ini para siswa untuk sementara waktu ditampung di sekretariat KKJB.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar