Polisi Yogyakarta Tangkap Pelaku Penggelapan di Mimika

Polisi Yogyakarta Tangkap Pelaku Penggelapan di Mimika
TANGKAP | Penyidik Ditreskrimum Polda DIY saat mengamankan pelaku penggelapan. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Selasa (14/1) melakukan penangkapan terhadap Andre, pelaku penggelapan yang melarikan diri ke Mimika.

Proses penangkapan Andre didukung  oleh Polisi Sektor Mimika Baru (Polsek Miru). 

Kapolsek Miru, Kompol Sarraju mengatakan, pihaknya melakukan pendampingan terhadap penyidik dari Polda DIY untuk melakukan penangkapan secara paksa pelaku penggelapan.

“Pendampingan ini dilakukan karena penyidik dari Polda DIY tidak memahami situasi dan kondisi yang ada di wilayah hukum (wilkum) Polsek Miru,” kata Kapolsek di Mapolsek Miru.

Kata dia, pelaku yang ditangkap secara paksa terlibat dalam kasus penggelapan sebesar Rp1 miliar lebih. Dari kasus tersebut penyidik dari Polda DIY sudah melakukan penyelidikan dan mengetahui pelaku ada di Mimika.

“Penangkapan pelaku dilakukan di Nawaripi, di tempat usaha pelaku. Penangkapan berlangsung cukup kondusif,” katanya.

Setelah dilakukan penangkapan, penyidik Polda DIY melakukan pemeriksaan. Selanjutnya, pelaku akan dibawa ke Polda DIY untuk diperiksa lebih lanjut.

“Dalam proses ini kami hanya melakukan pendampingan dan menyediakan tempat untuk proses penyidikan. Kelanjutannya, merupakan kewenangan dari penyidik Polda DIY,” ujarnya.

Sementara Kanit I Bidang Keamanan Negara Ditreskrimum Polda DIY, Kompol Zainal mengatakan, pelaku sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak tahun 2017 lalu. 

Dikatakan, pelaku terlibat dalam kasus penggelapan mobil-mobil mewah, seperti Harier, Navara, ARV, dan lainnya yang nilainya kurang lebih Rp1 miliar.

“Pelaku ini melakukan jual-beli mobil mewah. Namun setelah dibeli, mobil tersebut digadaikan. Hal ini dilaporkan oleh korban atas nama Jefri Darmawan. Setelah kami lakukan penyelidikan, pelaku lari ke Mimika. Sehingga kami tetapkan jadi DPO,” tuturnya.

 
Reporter: Mujiono
Editor: Misba

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar