Bawaslu Awasi Perekrutan PPD di Papua Barat

Bawaslu Awasi Perekrutan PPD di Papua Barat
Nazil Hilmi

MANOKWARI | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Barat mengawasi perekrutan panitia pemilihan distrik (PPD) yang berlangsung di sembilan daerah yang akan menggelar Pilkada serentak tahun 2020.

"Ada sembilan kabupaten yang akan melaksanakan pilkada. Secara keseluruhan perekrutan dilakukan di 125 distrik," kata Komisioner Bawaslu Papua Barat Muhammad Nazil Hilmi di Manokwari, Kamis (16/1). 

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi ini menyebutkan Bawaslu sudah merekrut Panwascam dan mereka sudah dilantik. Pada pengawasan perekrutan PPD, pihaknya akan mengoptimalkan peran Panwascam.

"Kurang lebih ada 375 orang anggota PPD yang akan direkrut di 125 distrik. Panwascam akan melakukan pengawasan di wilayah masing-masing," kata Nazil.

Pihaknya berharap anggota PPD yang direkrut ini adalah mereka yang benar-benar berintegritas dan terhindar dari indikasi pelanggaran.

Ia menegaskan, anggota PPD adalah orang-orang yang netral, bukan anggota atau partisipan partai maupun calon kandidat peserta pilkada. Tim seleksi pun diminta menelusuri rekam jejak para peserta.

IKLAN-TENGAH-berita

"Nanti teman-teman Panwascam akan mengecek setiap nama di wilayah masing-masing yang mendaftar di KPU. Kami juga berharap tingkat pendidikan dan usia diperbarui, jangan yang itu-itu saja yang jadi PPD cari anak muda agar ada regenerasi," ucapnya.

Berkaca dari Pemilu serentak tahun 2019, Nazil tidak ingin terjadi pelanggaran dilakukan anggota PPD. Hal ini akan berdampak buruk pada kualitas pelaksanaan Pilkada 2020.

"Contoh kasus salah satu PPD di Manokwari akhirnya dipidana karena terbukti menggeser suara kepada caleg tertentu. Setelah kita cek ternyata ada kedekatan antara yang bersangkutan dengan kandidat tertentu," katanya.

Ia berharap perekrutan PPD ini berlangsung lebih ketat, sehingga kasus tersebut tidak terulang pada Pilkada serentak 2020.

Ia mengemukakan, Pilkada serentak 2020 di Papua Barat akan dilaksanakan di Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Fakfak, Sorong Selatan, dan Raja Ampat.

 

Sumber: Antara

Editor: Batt

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar