Pertamina Dorong Pembangunan Jobber-SPBU di Pegunungan Tengah Papua

Jumat, 17 Jan 2020 16:46 WIT
Ilustrasi

JAYAPURA | PT Pertamina (Persero) mendorong adanya pembangunan jobber (terminal bahan bakar minyak mini) dan SPBU Kompak pada wilayah Pegunungan Tengah Papua untuk mempermudah distribusi BBM ke sejumlah daerah yang kini masih cukup sulit dijangkau.

Gema Iriandus Pahalawan General Manager Pertamina MOR VIII mengatakan, dalam pertemuan yang digelar bersama para kepala daerah pada wilayah Pegunungan Tengah Papua merupakan wujud komitmen dari pihaknya untuk menyediakan dan mendistribusikan BBM hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

"Inti dari pertemuan ini adalah agar masyarakat di Papua, khususnya di wilayah Pegunungan Tengah bisa menikmati BBM Satu Harga, sama seperti di daerah lain," katanya di Jayapura, Jumat (17/1). 

Menurut Gema, oleh karena itu, pertemuan ini juga bertujuan membangun sinergi bersama pemerintah daerah dengan melakukan pemetaan untuk menentukan SPBU Kompak baru pada beberapa kabupaten tersebut sekaligus dalam rangka menyukseskan program pemerintah yakni Program BBM Satu Harga di 2020.

"Pertamina berharap dengan adanya dukungan pemerintah daerah melalui nota kesepahaman ini maka kemudian akan dibentuk Tim Teknis untuk membahas hal-hal strategis dan teknis terkait dengan pembangunan SPBU Kompak dan Jobber Suator," ujarnya.

Dia menjelaskan pembangunan titik suplai (supply point) Jobber Suator ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan BBM dan mempertahankan keterjangkauan harga BBM.

"Ke depan, PT Patra Logistik selaku anak perusahaan Pertamina akan membantu pemerintah daerah dalam hal penyaluran BBM di wilayah Pegunungan Tengah Papua tersebut," katanya lagi.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) dan anak perusahaan PT Patra Logistik, dan enam kepala daerah wilayah Pegunungan Tengah Papua (Kabupaten Puncak, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yahukimo, Yalimo dan Asmat) menandatangani nota kesepahaman mengenai pembangunan Jobber (terminal bahan bakar minyak mini) dan SPBU Kompak di Wilayah Papua pada Rabu (15/1) di Surabaya.

Pertemuan ini menyepakati pembangunan Jobber dan SPBU Kompak, serta pembentukan tim strategis untuk pembahasan rencana pembangunan Jobber Suator, Kabupaten Asmat Provinsi Papua.

Hadir dalam kesempatan ini adalah General Manager Marketing Operation Region (MOR) VIII PT Pertamina (Persero) Gema Iriandus Pahalawan; Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik, Dodi Hasbi Rosyadi; serta enam bupati wilayah Pegunungan Tengah yakni Bupati Puncak Willem Wandik; Bupati Asmat Elisa Kambu; Bupati Tolikara Usman Wanimbo; Bupati Yalimo Lakius Peyton; Bupati Yahukimo Abock Basup; serta Bupati Mamberamo Tengah yang diwakili Kepala Dinas PTSP Abraham Ahyuan.

 

Sumber: Antara

Editor: Batt

 

Kategori:
Bagikan