Kelurahan dan Kampung di Mimika akan Dapat Kendaraan Pengangkut Sampah

Kelurahan dan Kampung di Mimika akan Dapat Kendaraan Pengangkut Sampah
KENDARAAN | Kepala DLH Mimika Limi Mokodompit bersama stafnya saat menunjukkan kendaraan roda tiga pengangkut sampah yang siap dibagikan. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Papua, telah menyiapkan 20 unit kendaraan roda tiga untuk pengangkutan sampah di setiap kelurahan dan kampung.

Hal ini untuk menciptakan Kota Timika yang bersih dan rapi, dalam menyambut Pesparawi XIII dan PON XX.

Kepala DLH Kabupaten Mimika Limi Mokodompit mengatakan, atas petunjuk Bupati Eltinus Omalang dan Wakil Bupati Johannes Rettob yang mengharapkan Kota Timika bebas dari sampah menyambut kedua event tersebut, maka kendaraan itu akan dibagikan ke kelurahan dan kampung. 

“Pembagian kendaraan tiga roda ini difokuskan pada tiga distrik, yakni Distrik Mimika Baru, Wania, dan Kuala Kencana. Karena ketiga distrik tersebut, memiliki produksi sampah terbesar,” kata Limi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (21/1).

Kata dia, dengan adanya kendaraan roda tiga ini, maka sampah-sampah yang ada ditingkat kelurahan maupun kampung sudah bisa ditangani dan dikelola.

Dimana, sampah tersebut akan diangkut ke tempat pembuangan sampah sementara.

“Pada saat sampah rumah tangga sudah di TPS, maka armada dari DLH datang mengangkutnya untuk dibawa ke tempat pembungan akhir (TPA). Sehingga tidak ada lagi sampah yang berceceran di jalanan,” ujarnya.

Ia menambahkan, 20 unit kendaraan ini merupakan tahap pertama. Pihaknya nanti akan melihat kembali  apakah perlu dilakukan penambahan atau tidak. 

Namun, diharapkan dengan jumlah ini bisa dimaksimalkan oleh kepala kelurahan dan kampung dalam pengelolaan sampah.

“Kami harap, kepala kelurahan dan kampung semangat dalam pengelolaan sampah. Karena sampah-sampah ini nanti, akan menghasilkan barang yang ekonomis,” tuturnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar